Penerapan Metode Pembelajaran Skill Laboratory Dengan Menggunakan Media Video Terhadap Peningkatan Keterampilan Komunikasi Terapeutik Pada Mata Kuliah Keperawatan Jiwa

Son Haji, Heru Kurnianto Tjahjono, Sri Sundari

Abstract


Pembelajaran komunikasi terapeutik keperawatan jiwa lebih banyak dilakukan dengan metode demonstrasi melalui pembimbing. Hasil pembelajaran kurang optimal karena ketidaksamaan penyampaian oleh pembimbing yang satu dengan yang lain. Pengembangan pembelajaran skill laboratory dengan metode video diharapkan meminimalkan masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan Quasy Eksperiment dan rancangan one group pretest-posttest with control group design dengan tujuan untuk mengetahui efektifitas penerapan metode pembelajaran skill laboratory dengan menggunakan video terhadap peningkatan keterampilan komunikasi terapeutik pada mata kuliah keperawatan jiwa di STIKes Karya Husada Semarang. Jumlah sampel 75 mahasiswa yang terbagi menjadi 38 mahasiswa kelompok intervensi dan 37 mahasiswa kelompok kontrol. Kelompok intervensi dibagi 2 kelas dan mendapat perlakuan dengan metode video. Kelompok kontrol juga dibagi 2 kelas dan mendapat perlakuan dengan metode demonstrasi oleh 2 orang pembimbing. Hasil penelitian menunjukkan adanya meningkatan pada kedua kelompok. Kelompok intervensi meningkat dari 33-34 persen menjadi 67-68 persen, sedangkan kelompok kontrol meningkat dari 33-34 persen menjadi 63-64 persen. Selisih peningkatan kedua kelompok hanya sekitar 4 persen. Keterampilan kedua kelas dalam kelompok intrervensi cenderung sama, sedangkan keteramppilan kedua kelas kelompok kontrol cenderung berbeda. Kesimpulan penelituian ini adalah media video efektif untuk pembelajaran keterampilan komunikasi terapeutik di skill laboratory dan konsisten. Penggunaan media video perlu dikombinasikan dengan metode lain agar lebih optimal.




DOI: http://dx.doi.org/10.34310/jskp.v3i1.1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Smart Keperawatan diterbitkan oleh STIKes Karya Husada Semarang ISSN 2301-6221, E-ISSN 2502-5236