large image
KETUA STIKES

Dr. FERY AGUSMAN MM, M.Kep,Sp.Kom
PMB ONLINE
  • Pendaftaran Mahasiswa Baru Online
LINK TERKAIT
  • Jurnal OJS
  • Digital Library
  • Sistem Informasi Akademik Mahasiswa
  • Sistem Informasi Kepegawaian
  • Repository
  • Sister
SEMINAR NASIONAL
  • Registrasi SEMNAS
DOWNLOAD MODUL
  • Download Modul
WEBMAIL LOGIN
  • WEBMAIL LOGIN
MAJALAH SMART


DEPARTEMEN KEBIDANAN KOMUNITAS STIKES KARYA HUSADA ADAKAN PELATIHAN KADER KESEHATAN
Kategori Berita | Diposting pada : 2014-12-01 -|- 01:27:00 oleh Admin
Share this article on

Indikator keberhasilan program kesehatan dapat dilihat dari Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB). Berdasarkan data Puskesmas Kedungmundu tercatat ada 19 kasus ibu hamil dengan resiko tinggi pada tahun 2014 dimana 7 diantaranya ada di Kelurahan Tandang, berdasarkan hal tersebut maka tim Departemen Kebidanan Komunitas yang terdiri dari Rose Nurhudhariani, S.Si.T, M.Kes, Siti Nur Umariyah F., S.Si.T dan Vita Triani AP, S.Si.T dibantu mahasiswa Program Studi D IV Kebidanan STIKES Karya Husada Semarang mengadakan kegiatan Pengabdian Masyarakat berupa Pelatihan Kader Kesehatan tentang Deteksi Dini Resiko Tinggi Dalam Rangka Menurunkan AKI di Kelurahan Tandang Wilayah Kerja Puskesmas Kedungmundu Semarang.


AKB1


Kader kesehatan sebagai mitra dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan bagi bidan perlu memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang memadai dalam upaya melakukan deteksi dini terhadap ibu hamil resiko tinggi. Ketepatan dan kecepatan masyarakat terutama kader kesehatan dalam melakukan deteksi dini dan menemukan ibu hamil resiko tinggi sangat membantu tenaga kesehatan  terutama bidan dalam memberikan bantuan dan penatalaksanaan kebidanan bagi ibu hamil resiko tinggi sehingga komplikasi dan kematian ibu serta bayinya dapat dicegah.


Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kader kesehatan untuk melakukan deteksi dini resiko tinggi adalah dengan mengadakan Pelatihan Kader Kesehatan. Pelatihan Kader Kesehatan ini telah dilakukan tim Departemen Kebidanan Komunitas pada tanggal 21 Agustus 2014 Pukul 15.00 WIB karena seyogyanya acara dilakukan pagi hari ternyata kader kesehatan ada kesibukan dan diundur waktunya menjadi sore hari. Acara tersebut diikuti dengan sangat antusias di ruang 1.3 STIKES Karya Husada Semarang oleh 10 kader yang diundang dan hadir semua. Hadir pula dalam acara pengabdian masyarakat ini petugas dari Puskesmas Kedungmundu. Materi yang disampaikan oleh tim meliputi kehamilan resiko tinggi, anemia kehamilan dan diajarkan pula mengenai senam hamil kepada kader kesehatan.


AKB2


Dengan dilakukannya pengabdian masyarakat ini diharapkan kader kesehatan memiliki pengetahuan yang baik terkait deteksi dini resiko tinggi ibu hamil sehingga bisa melakukan deteksi dini resiko tinggi ibu hamil dan dengan diajarkan senam hamil diharapkan kader kesehatan mampu mengajari ibu hamil untuk senam hamil di masyarakat.


AKB3


 


Acara berlangsung dengan lancar, bahkan dari kader ada permintaan untuk melakukan kegiatan yang serupa dengan materi yang berbeda di lain waktu. Foto bersama dan pemberian sertifikat kepada peserta dilakukan pada akhir acara. Inilah salah satu wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilakukan STIKES Karya Husada Semarang. (Fbr)


AKB4



Baca Juga Berita Lainnya
Pilihan Bahasa :
GALERI KEGIATAN TERBARU
BERGABUNG DENGAN GROUP KAMI DI FACEBOOK
  • Find Us on Facebook