PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG BAYAM MERAH, MADU DAN LEMON TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL DALAM MENCEGAH ANEMIA

Poppy Fransisca Amelia, Meilia Nindy ZW, Ika Saras

Abstract


Anemia merupakan kondisi berkurangnya sel darah merah dalam darah atau massa hemoglobin sehingga tidak mampu membawa oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini menyebabkan penurunan kapasitas sel darah merah untuk membawa oksigen ke ibu dan janin. Kurangnya pemahaman masyarakat tentang anemia pada ibu hamil menjadi masalah dalam memberikan dukungan kepada ibu hamil dengan anemia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pendidikan kesehatan tentang bayam merah, madu, dan jeruk nipis terhadap tingkat pengetahuan ibu hamil dalam mencegah anemia. Metode penelitian kuantitatif dengan quasy eksperimen, desain pretest and posttest one group design. Teknik pengambilan sampel secara nonprobability sampling dengan jumlah sampel 18 responden. Hasil : Pengetahuan ibu hamil dengan anemia pendidikan kesehatan tentang bayam merah, madu dan jeruk nipis memiliki nilai rata-rata 5,00 (pretest) dan 10,00 (posttest) dengan standar deviasi 1,02 hingga 0,71. Ada pengaruh pendidikan kesehatan anemia bayam merah, madu dan jeruk nipis terhadap pengetahuan anemia pada ibu hamil (p-valie: 0,000). Kata Kunci : anemia; bayam merah; ibu hamil; jeruk nipis; madu

Full Text:

PDF

References


Bilhio, H. netizen. (n.d.). . cara pengolahan jus bayam.

Burn, G. (2008). Konsep dan penerapan metodologi penelitian ilmu keperawatan.

Center, S. (2017). Cara Mencegah Anemia pada Ibu Hamil.

Helen Varney, dkk. (2018). Buku Ajar Asuhan Kebidanan (edisi 4). Buku Kedokteran EGC.

Hidayat, A. A. (2014). Metode penelitian keperawatan dan teknis analisis data. Salemba Medika.

Kurniawati, L. S. (2018). Pengaruh Konsumsi Jus Bayam Air Jeruk Nipis Terhadap Kadar Hemoglobin Remaja Putri Dengan Anemia Di SMAN 5 Kota Kediri. Universitas Kediri.

Lathifah, N. S. S. (2019). Konsumsi Jus Bayam Merah Campur Madu terhadap Peningkatan Kadar Hemoglobin pada Ibu Hamil Trimester III. Jurnal Kesehatan, 10(3).

Makmun Indriyani, I. (2016). Pengaruh Pemberian Pendidikan Kesehatan Terhadap Sikap Mengkonsumsi Tablet Fe Pada Ibu Hamil. Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 12(1), 95–102.

Munafiah, Durrotun ,.Eni Kusyati, N. I. (2019). Pemberian Tablet Fe dan MAMA (Madu Kurma) Meningkatkan Kadar Hemoglobin Kehamilan Aterm dalam Persiapan Persalinan. Universitas Muhammadiyah Semarang.

Safitri. (2020). Pendidikan Kesehatan tentang Anemia kepada Ibu Hamil. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), 2(2).

Sari, I. W. (2020). Asuhan Kebidanan Pada Ibu Hamil Trimester Ii Dengan Anemia Ringan. Jurnal Komunikasi Kesehatan, Vol.XI(No.1).

Sianipar Siti Santy , Zia Abdul Aziz, E. P. (2016). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Anemia Pada Kehamilan Terhadap Pengetahuan Ibu Hamil Di Upt Puskesmas Bukit Hindu Palangka Raya. Dinamika Kesehatan 7.

Sugiarti. (2014). Pengaruh Konsusmsi Jus Bayam Merah dan Madu Terhadap Peningkatan Kadar Hemoglobin Ibu Hamil. Jurnal Kebidanan Griya Husada.

Wulandari, P. (2015). Honey to Prevent Iron Deficiency Anemia in Pregnancy. Lampung. University. J MAJORITY.

Yuni, N. E. (2015). Kelainan Darah. Yogyakarta. Nuha Medika.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022