MASSAGE EFFLEURAGE DAN KOMPRES HANGAT UNTUK MENGURANGI NYERI PUNGGUNG IBU HAMIL TRIMESTER III

Dyah Ayu Wulandari, Mei Lia Nindya Zuliswati, Ayu Rohania

Abstract


Pada kehamilan trimester III, seiring dengan bertambahnya berat badan secara bertahap selama kehamilan dan redistribusi ligamen, pusat gravitasi tubuh bergeser kedepan dan jika dikombinasikan dengan peregangan otot abdomen yang lemah mengakibatkan lekukan pada bahu, ada kecenderungan otot punggung untuk menekan punggung bawah. Penekanan dari kepala bayi dengan tulang punggung bawah menyebabkan nyeri punggung pada ibu hamil. Nyeri punggung bawah dapat menimbulkan dampak negatif pada kualitas hidup ibu hamil karena terganggunya aktifitas fisik sehari-hari. Tehnik non farmakologis dalam upaya mencegah dampak nyeri punggung salah satunya teknik massage effleurage dan kompres hangat. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pemberian terapi massage efflurage dan kompres hangat terhadap nyeri punggung ibu hamil trimester III. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian one group pretest posttest design. Sampel 18 ibu hamil trimester III  dengan teknik purposive sampling. Hasil ada pengaruh pemberian terapi massage efflurage dan kompres hangat terhadap nyeri punggung ibu hamil trimester III

 

 

Kata Kunci: massage effleurage, kompres hangat, nyeri punggung, ibu hamil trimester III

 


Full Text:

PDF

References


A Mafikasari, R. K. (2015). Posisi Tidur Dengan Kejadian Back Pain (Nyeri Punggung) Pada Ibu Hamil Trimester III. Surya, 7(2), 26–34.

A Yuspina, N Mulyani, U. S. (2018). Pengaruh Kompres Air Hangat Dan Air Dingin Terhadap Nyeri Tulang Belakang Ibu Hamil Trimester Iii Di Wilayah Kerja Puskesmas Rajapolah Tahun 2018. Jurnal Kesehatan Bidkesmas Respati, 2(9), 18–27.

E Rahmawati. (2016). Pengaruh Teknik Relaksasi Progresif Terhadap Tingkat Nyeri Haid (Dismenorhea) Pada Mahasiswi Di Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta.

E Yuliana, SA Sari, N. R. D. (2021). Penerapan Kompres Hangat Untuk Menurunkan Intensitas Nyeri Punggung Ibu Hamil Trimester III Di Wilayah Kerja Puskesmas Metro. Jurnal Cendekia Muda, 1(1), 1.

F Husin. (2014). Asuhan Kehamilan Berdasarkan Bukti. EGC.

F Yosefa, Misrawati, Y. H. (2013). Efekitivitas Senam Hamil Terhadap Penurunan Nyeri Punggung Pada Ibu Hamil. Journal Online Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Riau, 1(1), 1–7.

GA Mandriwati. (2019). Asuhan Kebidanan Antenatal (2nd ed.). EGC.

Kelly, L. (2013). Sembilan Bulan Kehamilan dan Kelahiran. Arcan.

LB Fitriana, V. V. (2019). Pengaruh Massage Effleurage Dan Relaksasi Nafas dalam Terhadap Nyeri Punggung Ibu Hamil Trimester III. Bunda Edu-Midwifery Journal, 3–4.

N Aini. (2016). Perbedaan Masase Effleurage Dan Kompres Hangat Terhadap Penurunan Nyeri Punggung Pada Ibu Hamil Trimester III. Jurnal Keperawatan Dan Kebidanan.

N Faradilla, E. A. (2021). Pijat Effleurage Pada Nyonya Wdalam Asuhan Kebidanan Masa Kehamilan Di Klinik Pratama Widuri Sleman. Jurnal Kesehatan Husada Mahakam, 11(1), 62–70.

Purnamasari, K. D. (2021). Gambaran Tingkat Nyeri Punggung Pada Ibu Hamil Trimester 2 Dan 3 Di Wilayah Kerja Puskesmas Buleleng. Journal Midwifery Public Health, 1(1), 9.

R Adikara. (2015). Pelatihan Terapi Komplementer Alternatif Akupresur. ACASI.

R Andreinie. (2016). Analisis Efektivitas Kompres Hangat Terhadap Penurunan Nyeri Persalinan. Jurnal Rakernas Aipkema, 2(1), 311–317.

RIW Hartono. (2012). Akupresur untuk Berbagai Penyakit. Rapha.

S Wahyuni, A. R. dan E. N. (2016). Perbandingan Trancutaneous Electrical Nerve Stimulation Dan Kinesio Taping Terhadap Penurunan Skala Nyeri Punggung Bawah Pada Ibu Hamil Trimester III Di Puskesmas Juwiring Kabupaten Klaten. Motorik, 11(23), 15–28.

T. Hollingworth. (2011). Diagnosis Banding Dalam Obstetri Dan Ginekologi A-Z. EGC.

Wahyuni, E. P. (2012). Manfaat Kinesiotapping Untuk Mengurangi Nyeri Punggung Bawah Pada Kehamilan Trimester III. Jurnal Kesehatan, 5(2), 119–129.

Y Suryanti, DN Lilis, H. H. (2021). Pengaruh Kompres Hangat terhadap Nyeri Punggung Ibu Hamil Trimester III di Puskesmas Sekernan Ilir Tahun 2020. Jurnal Akad Baiturrahim Jambi, 10(1), 22.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023