Persepsi Mahasiswa D Iii Kebidanan Tentang Pencegahan Anemia Di Stikes Karya Husada Semarang

Nichlatur Rohmah, Putri Kusuma Wardhani

Abstract


Latar Belakang: Remaja adalah periode perkembangan selama di mana individu mengalami perubahan dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa, terjadi antara usia 13-20 tahun. Istilah adolesens menunjukkan titik di mana reproduksi mungkin dapat terjadi. Perubahan hormonal pubertas mengakibatkan perubahan penampilan pada orang muda, dan perkembangan mental mengakibatkan kemampuan untuk menghipnotis dan berhadapan dengan abstraksi . Tujuan Penelitian: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi secara mendalam tentang gambaran Persepsi Mahasiswa D III  Kebidanan Tentang Pencegahan Anemia di STIKES Karya Husada Semarang Tahun 2016. Metode penelitian: Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi, Penelitian ini menggunakan metode purpose sampling,jumlah partisipan dalam penelitian ini tidak ada batasnya tetapi memiliki karakteristik sesuai dengan tujuan penelitian dan kriteria yang sesuai. Hasil Penelitian: Semua mahasiswa di D III Kebidanan STIKES Karya Husada Semarang sudah tahu tentang cara pencegahan anemia dan sudah diterapkan. Semua mahasiswa di D III Kebidanan STIKES Karya Husada Semarang sudah tahu tentang cara meningkatkan pencegahan anemia dan sudah diterapkan dengan cara melakukan diet menu gizi seimbang dan mengkonsumsi buah-buahan yang berguna untuk mencegah terjadinya anemia.

 

Kata Kunci : Persepsi; Mahasiswa; Pencegahan Anemia

              

 

PERCEPTION OF THE D III MIDWIFE STUDENTS ABOUT THE PREVENTION OF ANEMIA IN STIKES KARYA  HUSADA SEMARANG

 

 

Background: dolescent is a periode of development during which individuals experience the change from childhood to adulthood, occurs between the ages of 13-20 years. Adolesens term indicates the point at which, the reproduction may occur. Hormonal changes lead to changes in the appearance of puberty in young people, and mental development resulted in the ability to hypnotize and dealing with abstractions. Purpose: This study aims to explore in depth about the picture faculty perceptions about D III midwifery Students perception About The prevention of anemia at STIKES Karya Husada Semarang 2015. Method: The method used in this study is a qualitative study using a phenomenological approach, this study used purposive sampling method, number of partisipantsin this study there is no limit but have characteristics consistent with the research objectives and criteria. Result: All students in D III midwifery at STIKES Karya Husada Semarang already know about prevention of anemia, and have applied to students. All students in D III midwifery at STIKES Karya Husada Semarang already know how to prevent anemia and have already applied to students.

 

Keywords : Student; Perception; Prevention of Anemia


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi.2010” Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Jakarta : Rineka Cipta

Azwar, Saifuddin. 2013 “ Pengantar Psikologi Intelegensi” Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Bambang T..,2007. Anemia defisiensi Besi pada Anak Sekolah: hppt://suara merdeka.com

Chatarina,U. W..,Notobroto, H, B.,2002. Peranan Pola Makan Terhadap Anemia Gizi pada Remaja Putri Pondok Pesantren di Surabaya, Tesis, Universitas Diponegoro, Surabaya.

DKK Kab. Brebes,2006. Hasil Pemeriksaan Kadar Hemoglobin Pada Remaja Putri/WUS, Brebes

Elly, H, 2001. Prevalensi Anemia dan Perilaku Makan Remaja Putri di SMUN 2 Kuningan Kabupaten Kuningan, Skripsi, Universitas Diponegoro,Semarang

Hamalik, Oemar. 2012 “ Psikologi Belajar Dan Mengajar” Bandung : Sinar Baru Algesindo

Kusumandari, W. (2010).Bidan sebuah pendekatan midwifery of knowledge. Yogyakarta: Nuha Medika.

Moelong, lexy, 2004.” Metodologi Penelitian” Bandung : PT Remaja Rosdakarya

“Metodologi Penelitian kualitatif edisi revisi” Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Mukhtar dan Iskandar. 2012. “ Desain Pembelajaran Berbasis TIK” Jakarta: Referensi

Notoadmodjo, 2010.” Metode Penelitian Kesehatan “ Jakarta : Rineka Cipta

Nursalam. (2008). Konsep dan penerapan metodologi penelitian ilmu keperawatan : pedoman skripsi, tesis dan instrument penelitian keperawatan. Jakarta : salemba medika

Pieter, zan, herri. 2010. “ Pengantar Psikologi Dalam Keperawatan” Jakarta : Prenada Media Group

Prawirohardjo, S. (2006).Buku acuan nasional pelayanan kesehatan maternal. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Saryono, 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif” Yogyakarta: Nuha Medika

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan r&d). Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.34310/sjkb.v3i1.51

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Karya Husada
Jl. Kompol R.Soekanto No.46, Central java, Semarang
phone. +6224-6724581
Fax. +6224-6724581
Email: jsmart.keb@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Smart Kebidanan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.