Peran Kader Kesehatan dalam Mensukseskan Program Kelas Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Kedungmundu
Abstract
Latar Belakang : Kelas ibu hamil adalah sarana belajar bersama tentang kesehatan bagi ibu hamil difasilitasi oleh bidan atau tenaga kesehatan. Hasil survey awal kepada bidan koordinator ruang KIA, kegiatan kelas ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Kedungmundu belum berjalan dengan maksimal, data dari poli KIA tahun 2015 tercatat 2449 ibu hamil, yang mengikuti kegiatan kelas ibu hamil sebanyak 70 ibu atau (3,498%). Keberhasilan program kelas ibu hamil sangat bergantung pada dukungan peran serta masyarakat atau kader kesehatan. Tujuan : Mengeksplorasi peran kader kesehatan dalam mensukseskan program kelas ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Kedungmundu. Metode Penelitian : Penelitian ini dengan metode kualitatif, pendekatan deskriptif fenomenologi, teknik pengumpulan data wawancara mendalam, partisipan 3 kader kesehatan, pada tanggal 21–28 April 2016. Hasil : Peran kader kesehatan dalam persiapan kelas ibu hamil sudah baik, meliputi koordinasi dengan fasilitator yaitu bidan, melakukan penjaringan peserta, memotifasi ibu-ibu hamil untuk hadir dalam kelas ibu hamil, serta mempersiapkan tempat dan alat. Peran kader kesehatan dalam pelaksanaan kelas ibu hamil sudah baik, yaitu mendampingi ibu hamil selama kegiatan, melakukan pencatatan dalam daftar hadir, evaluasi setelah kegiatan, dan melaporkan kepada fasilitator yaitu bidan. Kendala dan hambatan pelaksanaan kelas ibu hamil adalah ibu hamil tidak bisa datang sesuai jadwal yang sudah ditentukan, karena sebagian ibu hamil bekerja. Penyelesaian kendala atau hambatannya yaitu me-reschedule jadwal kegiatan, dengan berkoordinasi antara bidan pelaksana, kader, dan gasurkes. Saran : Kader kesehatan hendaknya melakukan pendekatan kepada ibu-bu hamil di wilayahnya, guna mendiskusikan kapan waktu bisa mengikuti kegiatan kelas ibu hamil, untuk selanjutnya dikoordinasikan kepada tim fasilitator.
Kata Kunci: Peran kader kesehatan; kelas ibu hamil
HEALTH CADRE ROLE IN THE SUCCESS OF CLASS PROGRAM OF PREGNANT WOMEN IN THE WORKING AREA OF PRIMER HEALTH CARE KEDUNGMUNDU IN 2016
Abstract
Background : Class of pregnant women is a means to learn together about the health of pregnant womens is facilitated by midwives or health professionals. The result of the initial survey with the coordinator of midwives in Maternal and Child Health (MCH) room, the class of pregnant women in the work area of the Primary Healt Care (PHC) in Kedungmundu has not gone up. The data from poly MCH on 2015 recorded 2449 pregnant women, who participated in class is 70 pregnant women or (3.498%). The success of this program depends on the support of the cadres. Purpose : The purpose of this research was to explore the role of. For the success of the program’s in PHC Kedungmundu. Method of The Research : This research a qualitative method, fenomenologi descriptive, the techniques for collecting data in depth interview,s participant 3 cadres on, 21-28 April 2016. Result : The role of health cadres in preparation for the class of pregrant women has been good, such as coordination with the midwife, collecting the respondents, motivating the pregnant womens to attend the class, and preparing place and tools. The role of health cadres in the class of pregnant has been good such as assisting the pregnant women during activites. Keep records on the attendance list, evaluating after activities, and reported to the midwife, the obstacles and barriers in the class of pregnant women were pregnant women can not come accordance with a fixed schedule, because most pregnant women who are working. the completion of obstacles or barriers, is re-schedule and coordinating between midwifery, carders and gasurkes. Suggestion : Health cadres should approach with pregnant womens in the region to discuss the time when the pregnant women can participant in class, and then cordineting with the facilitator team.
Key words: The Role of Health Cadre;, Class Of Pregnant Women
Full Text:
PDFReferences
Depkes RI. 2011. Selamat Datang di Kelas Ibu Hamil.Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Kesehatan Masyarakat.
__________.2011. Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil. Jakarta: Direktorat Bina Kesehatan Masyarakat Departemen Kesehatan Indonesia.
Notoatmodjo, Soekidjo.2010.Metodologi Penelitian Kesehatan. PenerbitRineka Cipta: Jakarta.
Tantut, Susanto. 2012. Buku Ajar Keperawatan Keluarga. Penerbit Trans Info Media: Jakarta.
Yulifah Rita. 2009. Asuhan Kebidanan Komunitas. Penerbit Salemba Medika: Jakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.34310/sjkb.v3i1.52
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Karya Husada
Jl. Kompol R.Soekanto No.46, Central java, Semarang
phone. +6224-6724581
Fax. +6224-6724581
Email: jsmart.keb@gmail.com
Jurnal Smart Kebidanan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.