Mutu Pelayanan dan Komunikasi Teraupetik yang Baik Meningkatkan Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Kesehatan di RSI NU Demak

Dyah Ayu Wulandari, Nadhifah Nadhifah

Abstract


Berdasarkan data jumlah pasien rawat inap di RS Islam Nahdlatul Ulama Demak yang menggunakan BPJS Pasien kelas 3 pada tahun 2014 sebanyak 1.117 pasien. Pada tahun 2015 mengalami peningkatan menjadi 2.032 pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan dan komunikasi terapeutik tenaga kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien kelas III rawat inap pengguna BPJS Kesehatan. Desain penelitian menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi pasien peserta BPJS Kesehatan yang dirawat di Instalasi Rawat Inap Kelas III estimasi / rata-rata dari bulan Januari sampai dengan Agustus 2016 berjumlah 95 pasien. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 77 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Hasil Penelitian  yaitu ada hubungan mutu pelayanan tenaga kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien kelas III rawat inap pengguna BPJS Kesehatan. Ada hubungan komunikasi terapeutik tenaga kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien kelas III pengguna BPJS Kesehatan. Saran bagi instansi kesehatan agar meningkatkan mutu pelayanan dan komunikasi terapeutik tenaga kesehatan pasien kelas III rawat inap pengguna BPJS kesehatan Di RSI Nahdlatul Ulama Demak dengan memberikan pelatihan / workshop kepada tenaga kesehatan secara menyeluruh sehingga semua tenaga kesehatan menjadi lebih tahu tentang cara meningkatkan mutu pelayanan di RS tersebut. 

 

Kata kunci: Mutu pelayanan; komunikasi terapeutik; tingkat kepuasan pasien

 

 

QUALITY OF SERVICE AND GOOD THERAPEUTIC COMMUNICATIONS IMPROVE THE SATISFACTION OF  HEALTH BPJS PATIENTS IN RSI NU DEMAK

 

ABSTRACT

 

Based on the data on the number of inpatients in hospital Nahdlatul Ulama Islam Demak BPJS Patients who use grade 3 in 2014 as many as 1,117 patients. In 2015 increased to 2,032 patients.  To determine the correlation Service Quality and Therapeutic Communication Health Workers With Patient Satisfaction Level Class III Inpatient Users BPJS. Design correlation with research using cross sectional approach. The patient population treated BPJS participants in Inpatient Class III estimated / average from January to August 2016 amounted to 95 patients. The sample in this research is class III inpatients users BPJS total of 77 respondents. The sampling technique uses accidental sampling. There is a correlation between quality of service and patient satisfaction level III class inpatient BPJS users. There is correlation between communication therapeutic and patient satisfaction level grade III users BPJS. Health institutions in order to improve the quality of care and therapeutic communication of health personnel of class III inpatient users health BPJS In RSI Nahdlatul Ulama Demak by providing training / workshop for health workers so completely that all health professionals become more knowledgeable about how to improve the quality of service in the hospital.

 

Keywords: Quality of service; therapeutic communication;  patient satisfaction

 


Full Text:

PDF

References


Haryanti. 2000. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Surabaya : Universitas Airlangga

Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di RSI Nahdlatul Ulama Demak. 2016.

Notoatmodjo, S. 2010. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Peraturan Menteri kesehatan 269/Menkes/III/2008 Mengenai Rekam Medis dan Informasi Kesehatan

Pohan, I.S. 2014. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Profil Dinas Provinsi Jawa Tengah. 2014

Sabarguna, B. S. 2008. Quality Assurance Pelayanan Rumah Sakit. Yogyakarta : Konsorsium Rumah Sakit Islam Jateng-DIY

Simamora, B. 2008. Membongkar Kotak Hitam Konsumen. Jakarta : PT.

Gramedia Pustaka Utama.

Stuart, G.W & Sundeen, S.J. 2010. Principles & Practice of Psychiatric Nursing: Anxiety Responses and Anxiety Disorder. Missouri : Mosby

Suryani, P.A & Ariyanti, S. 2013. Hubungan Kepuasan Pasien Berdasarkan Dimensi Pelayanan Keperawatan Dengan Words Of Mouth Di Ruang Rawat Ianap Rumah Sakit Islam Faisal Makasar. Skripsi tidak dipublikasikan.

Tjiptono, F. 2006. Pemasaran Jasa. Yogyakarta : Andi

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 40. 2004. Sistem Jaminan Sosial

Nasional. Republik Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.34310/sjkb.v4i2.134

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Karya Husada
Jl. Kompol R.Soekanto No.46, Central java, Semarang
phone. +6224-6724581
Fax. +6224-6724581
Email: jsmart.keb@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Smart Kebidanan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.