Dampak Anemia Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa

Lailatul Mustaghfiroh, Nor Asiyah

Abstract


Kemampuan hemoglobin dalam membawa oksigen ke seluruh tubuh dipengaruhi oleh kadar zat besi dalam tubuh. Oksigen dibutuhkan sebagai bahan bakar untuk semua proses metabolisme dalam tubuh kita. Oleh karena itu bila anak kekurangan kadar hemoglobin maka dapat terjadi penurunan konsentrasi anak dalam belajar. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan  terhadap 25 mahasiswa semester III AKBID Islam Al Hikmah Jepara didapatkan 23 mahasiswa mengalami anemia.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan kadar hemoglobin terhadap prestasi akademik mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu analitik observasional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa semsester III tahun akademik 2017-2018. Dengan teknik sampling total sampling. Data primer berupa kadar hemoglobin yang diukur dengan Hb Sahli.. Data sekunder berupa nilai UAS. Analisa data univariat menggunakan persentase dan disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi. Analisa data bivariat menggunakan uji Fisher’s Exact. mayoritas mahasiswa AKBID Islam Al Hikmah Jepara mengalami anemia sebanyak 23 orang (92 %),dan mempunyai prestasi akademik baik sebanyak 22 orang (88 %), berdasarkan uji fisher exact test didapatkan tidak ada hubungan antara kadar Hemoglobin dengan prestasi Akademik dengan nilai p value1,000 (p > 0,05). Tidak ada hubungan antara kadar Hemoglobin dengan prestasi Akademik. Diharapkan bagi peneliti selanjutnya menggunakan alat ukur yang lebih terstandar, reagen yang digunakan harus berkualitas baik, dan sampel diperbesar.

 

Kata kunci: Hemoglobin; Prestasi Akademik


Full Text:

PDF

References


Djajaningrat, Husjain; Chairlan, Mardiana. (2014). Analisis Hubungan Kadar Hemoglobin dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Penghuni Asrama Poltekkes Jakarta III. Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan, Vol.1 No. 2, Maret 2014, hal 93 – 100.

Istiqomah, Gita Amalia Nur; Rinayanti, Chusnul Zulaika, Didik Wahyudi. (2013). Hubungan antara Kadar Hemoglobin dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Diploma III Kebidanan STIKES Widya Husada Semarang Tahun 2012. Prosiding SNST ke-4 Tahun 2013 Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim Semarang.

Kamisa, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Surabaya: Kartika, (1997), hlm. 418

Pedoman Program Perbaikan dan Pemantauan Mutu Tablet Tambah Darah untuk Ibu Hamil di Wilayah Program Kesehatan dan Gizi Berbasis Masyarakat. Kemenkes RI dan Millenium Challenge Account. Jakarta: 2015.

Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 88 tahun 2014 tentang StandarTablet Tambah Darah bagi WUS dan ibu hamil.

Shadily Hassan. (2012). Ensiklopedi Umum. Yogyakarta: Kanisius

Waterbury Larry. (2001). Buku Saku Hematologi. Jakarta: EGC.

Yanti, Dwi; Irwanto, Arief Wibowo. (2017). Pengaruh Kadar Hemoglobin terhadap Prestasi Belajar Anak Usia Sekolah Kelas II – VI di SDN Sonoageng 6 Prambon Nganguk. The Indonesian Journal of Public Health, Vol.12 No.1, Juli 2017: 97 – 105.




DOI: http://dx.doi.org/10.34310/sjkb.v5i2.192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Karya Husada
Jl. Kompol R.Soekanto No.46, Central java, Semarang
phone. +6224-6724581
Fax. +6224-6724581
Email: jsmart.keb@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Smart Kebidanan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.