MINUMAN JAHE HANGAT UNTUK MENGURANGI EMESIS GRAVIDARUM PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS NALUMSARI JEPARA

Dyah Ayu Wulandari, Dwi Kustriyanti, Rofiatul Aisyah

Abstract


Emesis gravidarum merupakan mual muntah yang terjadi selama kehamilan. Mual terjadi pada pagi hari, tetapi ada yang timbul malam hari. Data di Jawa Tengah keluhan mual muntah pada ibu hamil mencapai 40-60% dari total kehamilan. Rasa mual pada awal kehamilan dapat dikurangi dengan menggunakan terapi komplementer antara lain dengan memberikan minuman jahe hangat. Pemberian minuman jahe efektif dalam mengatasi mual muntah ibu hamil trimester I. Keunggulan jahe adalah kandungan minyak atsiri yang mempunyai efek menyegarkan dan memblokir reflek muntah, sedang gingerol dapat melancarkan darah dan saraf bekerja dengan baik.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian minuman jahe hangat terhadap emesis gravidarum pada ibu hamil trimester I di Puskesmas Nalumsari Jepara. Metode : Quasy Eksperiment dengan pendekatan Control Group Pre-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah ibu hamil di Puskesmas Nalumsari Jepara. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling sehingga besar sampel adalah 50 responden. Uji analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan Mann Whitney. Hasil : Uji Mann Whitney mendapatkan nilai p 0.000. Kesimpulan : Terdapat pengaruh pemberian minuman jahe hangat terhadap emesis gravidarum pada ibu hamil trimester I di Puskesmas Nalumsari Jepara.

 

Kata Kunci: jahe; emesis gravidarum


Full Text:

PDF

References


Ardani, Ayu. (2012). Perbandingan Efektifitas Pemberian Terapi Minuman Jahe dengan Minuman Kapulaga Terhadap Morning Sickness pada Ibu Hamil Trimester I di Keluarahan Ngempon Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. Semarang: STIKES Ngudi Waluyo Ungaran.

Choiriyah, Trisnasari. (2013). Efektivitas Konsumsi Ekstrak Jahe Dengan Frekuensi Mual Muntah Pada Ibu Hamil Di Wilayah Kerja Puskesmas Ungaran Tahun 2013.

Defrin, Dini. (2018). Pengaruh Minuman Jahe Terhadap Frekuensi Emesis Pada Ibu Hamil Trimester Pertama Di Puskesmas Pekkabata Kec. Polewali Kab. Polewali Mandar.

Kemenkes. (2013). Hasil Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) Tahun 2013. http://www.kemkes.go.id

Kemenkes RI. (2017). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2016. http://www.depkes.go.id.index.

Khasanah, Mufidatul. (2017). Penerapan Pemberian Wedang Jahe Sunti Untuk Mengurangi Emesis Gravidarum Pada Ibu Hamil Trimester 1 Di Puskesmas Kebumen 3. http://elib.stikesmuhgombong.ac.id/.pdf

Kia, Parisa Yavari et al. (2014). The Effect Of Lemon Inhalation On Nusea And Vomiting Of Pregnancy : A Double-Blinded, Randomized,Controlled Clinical Trial. Iran Red Crescent Med J. DOI: 10.5812/ircmj.14360.

Manuaba. (2012). Memahami Kesehatan Reproduksi Wanita. Ed 2. Jakarta : EGC.

Maternity, Dainty. (2017). Inhalasi Lemon Mengurangi Mual Muntah Pada Ibu Hamil Trimester Satu. https://www. ejournal.lppmstikesjayc.ac.id

Mochtar, Rustam. (2013). Sinopsis Obstery; obstetric fisiologi dan patologi. EGC, Jakarta.

Parwitasari, Chatur. (2015). Perbandingan Efektivitas Pemberian Rebusan Jahe Dan Daun Mint Terhadap Mual Muntah Pada Ibu Hamil.

Putri, Ayu. (2017). Efektifitas Pemberian Jahe Hangat Dalam Mengurangi Frekuensi Mual Muntah Pada Ibu Hamil Trimester I. http://eprints.uad.ac.id/

Rahmi. (2013). Efektivitas Jahe Untuk Menurunkan Mual Muntah Pada Kehamilan Trimester Pertama Di Puskesmas Dolok Masihul kec. Dolok Masihul Kab. Serdang Bedagai. Jurnal Maternity and Neonatal, Vol 1 No.2.

Rofi’ah Siti. (2017). Efektivitas Konsumsi Jahe Dan Sereh Dalam Mengatasi Morning Sickness. http://journal.unair.ac.id/downloadfull

Saberi, et all. (2014). Effect of Ginger on Relieving Nausea and Vomiting in Pregnancy. Iran Red Crescent Med

Safari, Fifi. (2017). Hubungan Karakteristik Dan Psikologis Ibu Hamil Dengan Hiperemesis Gravidarum Di RSUD H. Abd. Manan Simatupang Kisaran. http://penelitian.uisu.ac.id/wp-content/uploads/2017/.pdf

Saswita. (2013). Efektifitas Jahe Dalam Mengurangi Emesis Gravidarum pada Ibu Hamil Trimester I. 1, Jurnal Ners Indonesia, Vol. 2.

Syaifudin dkk, (2010). Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Ed. 1, Cet. 4-. YBPSP, Jakarta.

Ummi, HA. (2014). Efektivitas Pemberian Wedang Jahe (Zingiber Officinale Var. Rubrum) Terhadap Penurunan Emesis Gravidarum Pada Trimester Pertama, Jurnal Biometrika dan Kependudukan, Vol 3 No.1 Juli 2014 81-87.




DOI: http://dx.doi.org/10.34310/sjkb.v6i1.246

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Karya Husada
Jl. Kompol R.Soekanto No.46, Central java, Semarang
phone. +6224-6724581
Fax. +6224-6724581
Email: jsmart.keb@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Smart Kebidanan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.