Manfaat Pemberian Jus Jambu Biji Terhadap Kenaikan Nilai Kadar Hemoglobin Pada Ibu Hamil

Tria Nopi Herdiani, Desi Fitriani, Ruri Maiseptya Sari, Vitri Ulandari

Abstract


World Health Organization (WHO) tahun 2014, melaporkan bahwa terdapat 52% ibu hamil mengalami anemia di Negara berkembang. Solusi berkala untuk mengatasi anemia pada ibu hamil  diantaranya dengan pemberian Tablet Fe dan vitamin zat besi dari jus jambu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian jus jambu biji terhadap perubahan kadar hemoglobin ibu hamil. Metode penelitian menggunkan Quasi Eksperiment dengan Non-randimized control Grup Pre test-Post test Design. Jumlah  sampel yaitu  30 orang ibu hamil yang di bagi menjadi dua kelompok yaitu 15 orang ibu hamil pada kelompok kontrol dan 15 orang ibu hamil pada kelompok intervensi. Analisis menggunakan Uji Paried t-test dan Independent T-Test.  Hasil penelitian rata –rata peningkatan kadar hemoglobin pretest dan posttest kelompok kontrol  8,867 g/dl dan 10,327 g/dl, dan rata–rata peningkatan kadar hemoglobin pretest dan posttest kelompok perlakuan 8,620 g/dl dan 11,580 g/dl  sehingga ada perbedaan kenaikan kadar hemoglobin kelompok kontrol dan perlakuan nilai rata – rata selisih kadar hemoglobin sebelum dan sesudah pada kelompok kontrol 1,46g/dl dan rata – rata  selisih kadar hemoglobin sebelum dan sesudah kelompok perlakuan 2,96 g/dl  dengan nilai P value 0,031. Ada pengaruh pemberian jus jambu biji terhadap kenaikan nilai kadar hemoglobin pada ibu hamil. 


Full Text:

PDF

References


Darmaisari, N.(2016).Efektifitas Jus Jambu Biji Merah Tehadap

Peningkatan Kadar Hemoglobin Ibu Hamil Dengan Anemia DiWilayah Kerja Puskesmas Ambacang Padang.STIKES Prima Nusantara.

Dinkes Provinsi Bengkulu. (2016). Profil Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Tahun 2016. Provinsi Kesehatan Provinsi Bengkulu.

Ningtyastuti, E (2013). Pengaruh Mengkonsusi Jus Jambu Biji Merah Terhadap Kenaikan Nilai Kadar Hemoglobin Pada Ibu Hamil Di Kelurahan Bandung Kecamatan Ngrampal Kabupaten Seragen. Jurnal Kebidanan Klaten.

Nugraheni, E. (2010). Asuhan Kebidanan Patologi. Yogyakarta:Pustaka Rihama.

SDKI. (2012). Survei Demografi Kesehatan Indonesia. Jakarta.

Sianturi,(2012).Pengaruh Vitamin C Pada Penyerapan Zat Besi Medan : FIPA UNM.

Suparni, I. (2017). Seri Herbal Nusantara: Herbal Kalimantan – Ramuan Tradisional Asli Dari Kalimantan. Yogyakarta: Rapha Publishing.

WHO. (2014). Iron Deficiency Anemia : Assessemen, Prevention and Control A Give For Programme Meneger Geneva, World Health Organization.

Yusnaini, (2014).Pengaruh Konsumsi Jus Jambu Biji Merah Terhadap Perubahan Peningkatan Kadar Hb Darah Ibu Hamil Anemia Yang Endapatkan Supleentasi Tablet Fe.Jurnal Kesehatan Ilmiah Nasuwakes.




DOI: http://dx.doi.org/10.34310/sjkb.v6i2.291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Karya Husada
Jl. Kompol R.Soekanto No.46, Central java, Semarang
phone. +6224-6724581
Fax. +6224-6724581
Email: jsmart.keb@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Smart Kebidanan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.