Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Perilaku Remaja tentang Sadari di SMP Negri 29 Semarang

Anita Indra Afriani

Abstract


Latar Belakang : Sadari (Periksa Payudara Sendiri) merupakan usaha untuk mendapatkan kanker payudara pada stadium yang lebih dini. Pendidikan kesehatan adalah suatu upaya atau kegiatan untuk menciptakan perilaku masyarakat yang kondusif untuk kesehatan Dari studi pendahualuan di SMP Negri 29 Semarang dari 6 siswi 2 diantaranya melakukan sadari. Tujuan : Mengetahui apakah ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap perilaku remaja tentang sadari di smp negri 29 semarang. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan pendekatan Quasi Eksperimen (Two group pre-test and post-test). Populasi penelitian ini adalah 137 siswi SMP kelas IX dan sampel penelitian sebanyak 102 siswi dengan teknik stratified random sampling. Data yang di peroleh di olah menggunakan wilcoxon dan mann withney. Hasil Penelitian : Hasil penelitian yang telah di lakukan di SMP Negri 29 Semarang di peroleh hasil ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap perilaku remaja tentang sadari di SMP Negri 29 Semarang dengan p value 0,000 (p<0,05). Kesimpulan : ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap perilaku remaja tentang sadari di SMP Negri 29 Semarang dengan p value 0,000 (p<0,05).

 

Kata kunci : Metode Demonstrasi; Remaja; Sadar; Pendidikan kesehatan; Perilaku.

Pustaka : 20 (2007-2015)

 

 

THE EFFECTIVENESS OF HEALTH EDUCATION ON ADOLESCENT BEHAVIOR OF BSE IN JUNIOR HIGH SCHOOL STATE OF 29 SEMARANG

 

ABSTRACT

Background Of The Research : BSE (breast self examination) is an attempt to get breast cancer at earlier stages of disease. Health education is an effort or activity to create a community behavior conducive to health. From preliminary studies At junior high school state of 29 semarang of 6 girls 2 of them has done a breast self-examination (BSE). Objectives Of The Research : To find out the effectiveness of health education on adolescent behavior of bse in smp negri 29 semarang. Method Of The Research : This research used a quantitative research, with quasy experimental design (Two group pre-test ang post-test). The population of thie research is one hundred and trirty seven students grad IX of smp negri 29 semarang. While, the research used stratified random sampling technic to take the one hundred and two population as sample. The researcher used wilcoxon and mann wihtney assessment to analise the data. Result Of The Research : After had done a research in junior high school state of 29 semarang, the research got the result there is effectiveness of health education on adolescent behavior of BSE in junior high school state of 29 semarang with p value 0,000 (p<0,05). Conclusion : Hopefully, the school can work together with agencies such as health centers to hold additional knowledge of knowing by providing extension by resource related. Keywords : Adolescent; Behavior; BSE; Health Education; Methods Lecture.

Full Text:

PDF

References


Kementerian Kesehatan RI. 2010. Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Tahun 2010-2014. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI.

Dinkes Jateng. 2015. Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah. Semarang: Dinkes Jateng.

Notoatmodjo, S. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhibbin Syah.2010.Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung:PT Remaja Rosdakarya

Widyastuti, Rahmawati, Purnamaningrum. 2009. Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta: Fitramaya.

Manuaba, IBG, dkk. 2010. Ilmu Kebidanan Penyakit Kandungan Dan KB. Jakarta: EGC.

Wawan, A dan Dewi, M. 2010. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta : Nuha Medika.

Sugiyono. 2010. MetodePenelitian Kualitatif & RND. Bandung : Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.34310/sjkb.v4i1.69

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Karya Husada
Jl. Kompol R.Soekanto No.46, Central java, Semarang
phone. +6224-6724581
Fax. +6224-6724581
Email: jsmart.keb@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Smart Kebidanan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.