Pengaruh Toilet Training Terhadap Tingkat Kognitif Orang Tua Dan Frekuensi Enuresis Pada Anak Usia Prasekolah di Pemalang

Hikmatul Janah, livana ph, hermanto hermanto

Abstract


ABSTRAK

 

Pendahuluan: Anak usia prasekolah merupakan anak yang berusia 3 sampai 6 tahun. Pada masa ini anak seharusnya sudah mampu mengendalikan fungsi kandung kemihnya sehingga tidak mengalami enuresis. Salah satu penatalaksanaan enuresis adalah menggunakan metode toilet training. Pengetahuan tentang toilet training sangat penting bagi orang tua untuk memperoleh keberhasilan anak. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh toilet training terhadap tingkat kognitif orang tua dan frekuensi enuresis pada anak usia prasekolah. Metode: Penelitian ini menggunakan desain quasi experiment  dengan pendekatan Pretest-posttest design. Tehnik sampel menggunakan total sampling yaitu sebanyak 42 responden. Instrument yang digunakan adalah kuesioner, power point dan leaflet. Hasil: Hasil penelitian menggunakan uji paired sample t-test tentang toilet training terhadap tingkat kognitif orang tua di dapatkan nilai p value sebesar 0,000 (p <0,05) menunjukan ada pengaruh toilet training terhadap tingkat kognitif orang tua dan toilet training terhadap frekuensi enuresis di dapatkan hasil nilai p value 0,160 (p >0,05) menunjukan tidak ada pengaruh toilet training terhadap frekuensi enuresis pada anak usia prasekolah di Pemalang. Diskusi: Hasil penelitian ini di rekomendasikan kepada orang tua tentang cara mengajarkan toilet training  dengan benar sejak anak berusia toodler sehingga kejadian enuresis pada anak usia prasekolah dapat berkurang.

 

Kata Kunci: Frekuensi enuresis, tingkat kognitif orang tua, toilet training


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Adawiyah, R., & Adiguna, L. A. (2016). Hubungan Kesiapan Psikologis Dengan Enuresis Pada Anak. Jurnal Sangkareang Mataram. ISSN No 2355-9292.

Aziz, R. U. (2006). Jangan Biarkan Anak Kita Tumbuh Dengan Kebiasaan Buruk. Solo: Tiga Serangkai.

Bararah, V. F. (2009). Penyebab Sering Pipis Saat Cuaca Dingin (internet). Tersedia dalam : http://m.detik.com (diakses 02 Maret 2017).

Bastari, A. (2015). Hubungan Toilet Training Terhadap Kejadian Enuresis Pada Balita Umur 3-5 TahunDi PAUD Al-Khoiriyah Mranggen Polokarjo. Skripsi Publikasi.Ungaran : Ngudi Waluyo.

Daulay, R. S. (2008). Enuresis. Medan : Fakultas Kedokteran Universitas Sumatra Utara.

Engel, J. (2008). Pengkajian Pediatrik : Seri Pedoman Praktis. Jakarta : EGC.

Hidayat, A. A. (2006). Pengantar Ilmu Keperawatan Anak. Jakarta: Salemba Medika.

Hidayat, I. H. (2010). Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Toilet Training Pada Anak Usia Sekolah/TK di TK Al-Azhar.Skripsi Publikasi.Medan : Fakultas Kedokteran Universitas Sumatra Utara.

Kurniawati, F. (2008). Enuresis. Buletin Penelitian RSU Dr. Soetomo. 89-85.

Macfoed. (2009). Promosi Kesehatan. Jakarta.EGC.

Moulhee, Najeeb, M. S. (2012). Effect of the Educational Program upon Parents’ Knowledge of Nocturrnal Enuretic Children. World Journal of Medical Sciences 7 (3), 137-146. ISSN 1817-3055.

Musfiroh, M., & Wisudaningtyas, B., L. (2014). Penyuluhan Terhadap Sikap Ibu Dalam Memberikan Toilet Training Pada Anak. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 9 (2), 157-166.Http://Journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kemas.

Ningsih, S. (2012). Hubungan Pengetahuan dan Perilaku Ibu Dalam Menerapkan ToiletTraining Dengan Kebiasaan Mengompol Pada Anak Usia Prasekolah di Rw 2 Kelurahan Babakan Kota Tangerang. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah.

Probowati, R. W., & Arifah, S. (2014). Pengaruh Pendidikan Kesehatan TentangToilet Training Anak Usia 1-3 Tahun Terhadap Pengetahuan Ibu Di Desa Sambon Banyudono Boyolali. Skripsi. FIK. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Salvianto, Y. (2013). Pengaruh pendidikan kesehatan Bladder Retention Training Terhadap Kejadian Enuresis Pada Anak Usia Prasekolah di Surakarta.Skripsi Publikasi. Surakarta : UMS.

Septiarini, C. (2008). Pengembangan Metode dan Media Diari Makanan. Skripsi Publikasi. Jakarta : FKM UI.

Wawan, A & Dewi, M. (2010). Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku. Yogyakarta: Nuha Medika.

Widyastuti, K., & Hendarsih, S. (2011). Pengaruh Penyuluhan Toilet Training Pada Orang Tua TerhadapKejadian Enuresis di Taman Kanak-kanak Bhakti Siwi Kalimeneng Kemiri Purworejo.Naskah Publikasi. STIKES Aisyiyah, Yogyakarta.

Wong, D.L. (2008). Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. Jakarta : EGC.




DOI: http://dx.doi.org/10.34310/jskp.v4i2.11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Smart Keperawatan diterbitkan oleh STIKes Karya Husada Semarang ISSN 2301-6221, E-ISSN 2502-5236