Bimbingan Rohani Muhammadiyah dengan Pendekatan Psikologis dan Spiritual pada Penanganan Pasien Rawat Inap RS Muhammadiyah

Estrin Handayani

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keberadaan dan peran Muhammadiyah dalam memberikan bimbingan rohani Muhammadiyah dengan pendekatan psikologis dan spiritual pada penanganan pasien rawat inap RS Muhammadiyah serta implementasinya mencakup: 1) meningkatkan pelayanan Muhammadiyah dalam bentuk upaya mewujudkan masyarakat yang sehat seutuhnya (fisik, psikologis dan spiritual) khusus pada pasien rawat inap; 2) mengetahui efektivitas bimbingan rohani Muhammadiyah pada pasien rawat inap melalui pendekatan psikologis dan spiritual di RS Muhammadiyah; 3) terbentuknya pelayanan kesehatan Muhammadiyah yang sehat dalam aspek psikologis dan spiritual; serta 4) terdeskripsikan mekanisme pelaksanaan bimbingan rohani Muhammadiyah pada pasien rawat inap.Penelitian ini dilaksanakan di RS PKU Muhammadiyah Bantul Kabupaten Bantul Yogyakarta. Penelitian kualitatif ini merupakan jenis penelitian lapangan (field reseacrh) berpendekatan komparatif kualitatif. Data dikumpulkan dari para pengelola, manajemen administrasi Rumah Sakit bagian Bina Rohani, serta para rohaniawan yayasan Muhammadiyah. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, serta metode dokumentasi. Analisa data yang digunakan yaitu metode desk analysis deskriptif kualitatif, metode triangulasi sumber dengan cara melakukan cross-check antara hasil observasi, wawancara, dan metode dokumentasi.Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Muhammadiyah di RS PKU Muhammadiyah Bantul Kabupaten Bantul Yogyakarta telah menerapkan Bimbingan Rohani Muhammadiyah dengan pendekatan psikologis dan spiritual pada seluruh pasien rawat inap. Persyarikatan Muhammadiyah terbukti ingin melayani segala kebutuhan pasien tanpa memandang segala perbedaan. Implementasi bimbingan rohani muhammadiyah dengan pendekatan psikologis dan spiritual didukung penuh serta di bawah pengawasan organisasi Muhammadiyah yaitu Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Bantul. Kata kunci: Bimbingan rohani; muhammadiyah; psikologis; spiritual

Full Text:

PDF

References


Al-Jauziyah, Ibn Al- Qoyim. (2006). Kemuliaan Sabar Dan Keagungan Syukur III. Yogyakarta: Mitra pustaka.

Bukhori, B. (2005). Upaya Optimalisasi Sistem Pelayanan Kerohanian bagi Pasien Rawat Inap di RSUD Tugu Rejo. Laporan penelitian individual.

Drs, M. (2006). Metode Penelitian (suatu pendekatan proposal). Bumi Aksara, Jakarta.

Fatmawati, L. (2013). Optimalisasi Layanan Bimbingan Rohani Islam bagi Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Roemani Muhammadiyah Semarang (Doctoral dissertation, IAIN Walisongo).

Herdiansyah, H. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif: untuk ilmu-ilmu sosial.

Isnani, I. (2014). Bimbingan Rohani Islam bagi Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Islam Banjarmasin.

Semiawan, C. R. (2010). Metode penelitian kualitatif. Grasindo.

Saputra, A. N. (2015). Peran bimbingan rohani Islam dalam menangani kecemasan pasien cacat fisik korban kecelakaan (studi kasus di Rumah Sakit Umum Daerah Ungaran, Kabupaten Semarang) (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).

Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryanti, A. (2016). Bimbingan Rohani Islam Bagi Pasien Rawat Inap Di Ruang Icu Rsud Dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Utari, R. (2009). Evaluasi Pelayanan Makanan Pasien Rawat Inap di Puskesmas Gondangrejo Karanganyar (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Yusuf, S., & Nurihsan, J. (2005). Landasan bimbingan dan konseling. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.34310/jskp.v5i1.157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Smart Keperawatan diterbitkan oleh STIKes Karya Husada Semarang ISSN 2301-6221, E-ISSN 2502-5236