Efektifitas Model Active dalam Pembelajaran Praktek Tahap Profesi Ners di Stikes Sukabumi

Irawan Danismaya

Abstract


Pendidikan Ners Indonesia memiliki 2 tahap program pembelajaran yaitu Tahap akademik dan Tahap Profesi.Model pembelajaran praktek Tahap Profesi di perguruan tinggi Keperawatan sangat bervariasi tergantung pada profil lulusan yang diharapkannya. STIKES Sukabumi telah menerapkan model ACTIVE yang dievaluasi keefektifannya secara periodik. Variabel penelitian yaitu tingkat keterampilan menerapkan Proses Keperawatan, Proses Manajemen dan tingkat rasa aman mahasiswa. 99 mahasiswa yang tercatat pada tahun akademik 2016/2017 ditetapkan sebagai responden menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan 3 jenis kuisioner berskala Likert. Analisis data dilakukan untuk menemukan nilai tengah dan distribusi frekuensinya. Tahap Perumusan Diagnosis Keperawatan memiliki nilai tertinggi yaitu  81,82 % dan rata-rata tertinggi pada tahap Implementasi Keperawatan yaitu 3,16. Tahap Actuating memiliki nilai tertinggi yaitu 40,40 % dan rata-rata tertinggi pada tahap Communicatingyaitu 3,08.Tingkat rasa aman mahasiswa sebagian besar termasuk dalam kategori cemas ringan dengan nilai 83,84 %. Kesimpulan penelitian yaitu tingkat kompetensi mahasiswa dalam menerapkan Proses Keperawatan berada pada level New Beginner menuju Proficient.Tingkat keterampilan mahasiswa dalam menerapkan Proses Manajemen berada pada level New Beginner sampai Competent. Tingkat rasa aman saat menjalankan pembelajaran praktek sebagian besar pada kategori cemas ringan. Saran ditujukan kepada pihak pengelola lahan praktek, program studi dan Peneliti selanjutnya.

Kata Kunci : Proses Keperawatan ; Proses Manajemen ; Rasa Aman; Tingkat kompetensi

Full Text:

PDF

References


AIPNI.(2015). Kurikulum Pendidikan Ners Indonesia.

Alimul Aziz. (2009). KebutuhanDasar Manusia Aplikasi Konsepdan Proses Keperawatan.Jakarta. SalembaMedika.

ArikuntoSuharsimi. (2010). ProsedurPenelitianSuatuPendekatanPraktek. Jakarta. RinekaCipta.

Danismaya.(2014) .Model pembelajaran Praktek profesi Ners Stikes Sukabumi. Sukabumi : Stikes Kota Sukabumi.

Dinarti &Aryani.(2009). Dokumentasi Keperawatan. Jakarta :Trans Info Media.

Elta, Annisa (2016) . Hubungan indeks Prestasi Kumulatif dengan kemampuan menerapkan Proses Keperawatan. Skripsi, Program Studi S1 Keperawatan, STIKES Sukabumi.

Hidayat, A. Aziz Alimul. (2009). Metode Penelitian Dan Teknik Analisa Data. Jakarta, Salemba Medika.

Hutapea & Thoha. (2008).Kompetensi plus teori, desain, kasus & penerapan untuk HR serta Organisasi yang dinamis.Jakarta, Gramedia Pustaka Utama.

Jackson & Hansten. (2009).A Handbook for professional Practice Fourth Edition.Canada, Jones & Bartlett publisher.

Kozier, dkk. (2010).BukuAjar fundamental keperawatankonsep, proses danpraktik. Jakarta, EGC.

Notoatmodjo, Soekidjo. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta, Rineka Cipta.

Perry, Potter. (2010). Fundamental Keperawatankonsep, proses danpraktik.Jakarta, EGC.

STIKES Sukabumi. (2016). Rekapitulasi Nilai angkatan 2007-2011.Sukabumi , STIKES Sukabumi.

Riwidikdo, Handoko. (2008). Statistik Kesehatan. Jogjakarta, Mitra Cendikia.

Undang – undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi

www.inna-ppni.or.id, diakses Juli 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.34310/jskp.v5i1.160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Smart Keperawatan diterbitkan oleh STIKes Karya Husada Semarang ISSN 2301-6221, E-ISSN 2502-5236