Studi Deskriptif Perilaku Emotional Eating Mahasiswa yang Mengerjakan Skripsi di Universitas Ngudi Waluyo Ungaran

Trimawati Trimawati, Abdul Wakhid

Abstract


Skripsi merupakan tantangan tersendiri pada mahasiswa akhir yang sangat menentukan kelulusan. Saat proses tersebut tentu saja mahasiswa akan menghadapi berbagai macam stresor. Pada mahasiswa hal tersebut dapat memicu timbulnya stres. Stres merupakan suatu kondisi yang melibatkan interaksi antara individu dan lingkungan. Kondisi tersebut salah satunya mampumemicu keluarnya hormon kortisol yang berfungsi meningkatkan nafsu makan bahkan motivasi untuk makan berlebihan (emotional eating). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku emotional eatingyang mengalami stres saat mengerjakan skripsi di Universitas Ngudi Waluyo. Desain penelitian ini yaitu studi deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian berjumlah 76 responden teknik proportional stratified random sampling. Kuesioner DASS 42 (Depression Anxiety Stress Scale) digunakan untuk mengukur tingkat stres dan EADES (Eating and Appraisal Due toEmotion and Stress) untuk mengukur perilaku emotional eating. Teknik analisis yang digunakan adalah uji chi square dengan nilai α=0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwadari 76 responden yang mengalami stress terdapat 37 responden yang mengalami emotional eating. Dari total tersebutteridentifikasi8 responden dengan stres ringan, 20 responden dengan stres sedang, 9 responden dengan stres berat. Kesimpulan penelitian menunjukan bahwa terdapat perilaku emotional eating pada mahasiswa yang mengalami stress saat mengerjakan skripsi. Mahasiswa agar meningkatkan koping positif terhadap stress.

 

Kata Kunci          : Perilaku emotional eating, skripsi

Full Text:

PDF

References


Hamdan. Buku Pintar Skripsi Tesis Disertasi: Seni dan Manajemen Pengujian Hipotesis. Yogyakarta: Bentang Belia; 2011.

GW S, Laraia. Principle and Practice Psychiatric Nursing. Philadelpia: Mosby; 2013.

Latter. HMH. Why Stress Couses People to Overeat2012 Diakses Tanggal 28/09/2016. Available from: http://www.health.harvard.edu/newslatter_article/why-stress-couses-people-to-overeat

Sukri MS. Al-quran the amazing secret. kesehatan E, editor. Jakarta: Ufuk Press; 2009.

Lukaningsih ZL, Bandiyah S. Psikologi Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika; 2011.

Sunaryo. Psikologi Untuk Keperawatan. II E, editor. Jakarta: EGC; 2013.

Potter, Perry. Fundamental Keperawatan. Singapura: Elsevier; 2010.

Asiah N. Psikologi Gizi 2015. Available from: http://www.researchgate.net/publication/275522283_BUKU_PSIKOLOGI_GIZI-EDISI.

Junger A. Clean gut: New York: Harper Publisher; 2013. Available from: http://books.google.com/books/about/clean_gut.html?id=mcxiz2aqc0cc&source=kp. .

Bull C, Kenney. Proses Keperawatan. Jakarta: EGC; 2009.

Roizen MF, Mehmet C. Staying Young: Jurus Menyiasati Kerja Gen Agar Muda Sepanjang Hidup. Bandung: Mizan Media Utama; 2009.

Guyton AC, Hall JE. Buku Ajar Fisiologi Kedokteran. II E, editor. Jakarta: EGC; 2008.

Michels. Stress, Emotional Eating Behavior and Dietary Pattern in Children. Journal Elsevier. 2012;Vol 59(3):762-9.




DOI: http://dx.doi.org/10.34310/jskp.v5i1.164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Smart Keperawatan diterbitkan oleh STIKes Karya Husada Semarang ISSN 2301-6221, E-ISSN 2502-5236