PERILAKU PERAWAT DALAM PELAYANAN KEPERAWATAN SYARIAH DI RUANG RAWAT INAP DEWASA RUMAH SAKIT AL ISLAM BANDUNG

Dewi Mustika Ningsih, Popy Siti Aisyah, Meisa Sri Rahayu

Abstract


Perilaku perawat merupakan salah satu indikator standar pelayanan keperawatan minimal syariah yang harus dicapai dalam suatu rumah sakit syariah. Rumah sakit Al Islam merupakan salah satu rumah sakit terakreditasi syariah di Jawa Barat. Akan tetapi, di Rumah Sakit tersebut, belum pernah dilakukan penilaian perilaku perawat dan sikap perawat dalam mengimplementasikan standar pelayanan keperawatan minimal syariah. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi gambaran perilaku perawat dan atribut sikap perawat dalam melaksanakan pelayanan keperawatan syariah. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan pengambilan sampel secara purposive sampling dengan jumlah 67 responden perawat ruangan rawat inap dewasa. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner perilaku dan atribut sikap perawat dalam melaksanakan pelayanan keperawatan syariah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk perilaku perawat berdasarkan standar pelayanan keperawaan minimal syariah, mayoritas responden sebanyak (61,2%) dinilai baik dan responden lainnya (38,8%) dinilai kurang baik. Kemudian perilaku perawat berdasarkan atribut sikap mayoritas responden sebanyak (55,2%) dinilai baik dan responden lainnya (44,8%) dinilai kurang baik. Disarankan kepada pihak rumah sakit khususnya dalam sistem pengawasan untuk lebih ditingkatkan lagi dalam mengawasi perawat pelaksana dalam melakukan pelayanan keperawatan syariah, sehingga standar pelayanan keperawatan minimal syariah yang telah ditentukan sepenuhnya dapat tercapai.

Full Text:

PDF

References


Abdurrouf, M. (2017). Hubungan antara pelayanan keperawatan syariah dengan kepuasan pasien di rumah sakit. UNISSULA PRESS ( ISBN 978-602-1145-69-2 ).

Aghniatunnisa, I. (2015). Pemaknaan Komunikasi Islami Dalam Interaksi Pasien Dan Perawat Di Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung. e-Proceeding of Management: Vol 2, No.3.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azwar, S. (2009). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Firmansyah, C. S. (2019). Perilaku Caring Perawat Berdasarkan Teori Jean Watson Di Ruang Rawat Inap. Jurnal Kesehatan Vokasional, Volume 4, No.1.

Hafid, H. P. (2016). Pengaruh Pelayanan Dengan Prinsip-Prinsip Syariah Terhadap Kepuasan Pasien Pada RS Ibnu Sina Makassar. (Skripsi). Diperoleh dari https://repository.uin-alauddin.ac.id.

Hamdani, T. (2012). Hubungan perilaku perawat dalam memberikan layanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di poli umum puskesmas panjatan 1 kulon progo. Yogyakarta: Naskah publikasi.

Hidayat, A. A. A. (2017). Metodologi Penelitian Keperawatan dan Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika.

Kinansih, K. & Wahyuningsih, A. (2012). Peran Pendampingan Spiritual Terhadap Motivasi Kesembuan Pada Pasien Lanjut Usia. Kediri: Jurnal STIKes Baptis Kediri, Volume 5 No.1.

Ilhamsyah, dkk. (2013). Pelaksanaan keperawatan spiritual terhadap kepuasan spiritual pasien di rumah sakit ibnu sina makasar. (Skripsi). http://pasca.unhas.ac.id

Majelis Upaya Kesehatan Islam. (2017a). Pedoman Standar Pelayanan Minimal Dan Indikator Mutu Wajib Syariah. Jakarta

Mustikaningsih, D. (2018). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perilaku caring perawat dalam memberikan spiritual care islam di ruang rawat inap rumah sakit muhammadiyah Bandung. Bandung: Jurnal Keperawatan ‘Aisyiyah. Volume 5.

Notoatmodjo. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nugrahanigsih, W. (2016). Hubungan Sikap Perawat Dengan Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Keperawatan Di Bangsal Pavilliun RSUD Sala Tiga. (Skripsi). Diperoleh dari http://digilib.stikeskusumahusada.ac.id.

Nuraeni, A. (2015). Kebutuhan Spiritual Pada Pasien Kanker. Jurnal Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran, Volume 3 No.2.

Nurjanah, R. (2019). Gambaran kompetensi Keperawatan Spiritual Pada Perawat Pelaksana Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Al Islam Bandung. (Skripsi tidak dipublikasikan). STIKes ‘Aisyiyah Bandung. Bandung.

Nursalam. (2016). Konsep dan Penerapan Metodologi Peneltian Ilmu Keperawatan (Edisi 4). Jakarta: Salemba Medika.

Rahman, A. (2019). Persepsi pasien terhadap pelayanan keperawatan syariah di ruang rawat inap rumah sakit Al Islam bandung. (Skripsi tidak dipublikasi). STIKes ‘Aisyiyah Bandung. Bandung.

Sakinah, E. (2016). Pelayanan Keperawatan Islami Di Suatu Rumah Sakit Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan Volume 1, No.1.

Setiapriagung, D. (2015). Rumah Sakit Syariah : Pengalaman Implementasi di RS Al-Islam Bandung. Bandung: Rumah Sakit Al-Islam Bandung.

Setyowati. (2015). Perilaku Caring Perawat Pelaksana di Sebuah Rumah Sakit Di Bandung. Jurnal Keperawatan Indonesia, Volume 12.

Sianturi, N.J. (2016). Persepsi Perawat Dan Manajer Perawat Tentang Spiritual Care Di RSUD Dr R.M. Djoelham Binjai. Medan: University of Sumatera Utara Institutional Repository (USU-IR).

Sudalhar. (2011). Keperawatan Islami. Tuban: CV. Duta Ilmu Indonesia.

Sunawi. (2012). Konsep Pelayanan Kesehatan Islami Di Rumah Sakit (Tinjauan Aplikasi Di Rumah Sakit Islam Surakarta), 1–29.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.34310/jskp.v7i1.305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Smart Keperawatan diterbitkan oleh STIKes Karya Husada Semarang ISSN 2301-6221, E-ISSN 2502-5236