Pengaruh Terapi Dzikir Tasbih Pada Pasien Pre Operasi Bedah Hernioraphy Terhadap Tekanan Darah Di Ruang Rawat Inap RSUD Kota Semarang

achmad syaifudin

Abstract


Berdasarkan survei pendahuluan jumlah kasus hernioraphy pada tahun 2014 sebanyak 135 kasus. Pada tahun 2015 mengalami peningkatan menjadi 145 kasus. Untuk mengetahui pengaruh terapi dzikir tasbih pada pasien pre operasi bedah hernioraphy terhadap tekanan darah. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimental semu (quasi experiment). Desain penelitian ini adalah static group comparison. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien hernioraphy pada bulan Januari dan Februari 2016 sebanyak 25 kasus. Sampel penelitian kelompok perlakuan sebanyak 15 orang dan kelompok kontrol sebanyak 15 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah purposive sampling. Ada perbedaan tekanan darah sistole pada kelompok perlakuan. Ada perbedaan tekanan darah diastole pada kelompok perlakuan. Ada perbedaan tekanan darah sistole pada kelompok kontrol. Ada perbedaan tekanan darah diastole pada kelompok kontrol. Ada perbedaan yang signifikan terapi dzikir tasbih pada pasien pre operasi bedah hernioraphy terhadap tekanan darah sistole di Ruang Rawat Inap RSUD Kota Semarang. Ada perbedaan yang signifikan terapi dzikir tasbih pada pasien pre operasi bedah hernioraphy terhadap tekanan darah diastole. Rumah sakit sebaiknya menerapkam terapi non farmakologi seperti terapi dzikir untuk mengatasi peningkatan tekanan darah pada pasien yang akan menjalani operasi agar pasien merasa tenang dan tidak cemas saat akan operasi.

Full Text:

PDF

References


Abdurrochman, A. P & Andhika, S. (2010). Muratal Al-Qur’an Alternatif Terapi Suara Baru. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi-II.

Elkaysi, A. F. (2012). Pengobatan Doa-zikir dan Ruqyah. Jakarta : Mutiara Media.

Devi, D. (2010). Pengaruh terapi musik terhadap respon psikofisiologis pasien yang mengalami caronory angiography di pelayanan jantung Rumah Sakit Umum Cipto Mangungkusuomo. Skripsi tidak dipublikasikan.

Gusmian. (2010). Ruqyah Terapi Religi Sesuai Sunnah Rasulullah SAW. Jakarta : Pustaka Marwa.

Hadi, A. (2010). Seni dan Religiusitas Spiritualitas Islam.

Long, B.C. (2010). Perawatan Medical Bedah. Bandung : Yayasan IAPK Pajajaran.

Muttaqin, A. (2010). Asuhan Keperawatan Klien dengan Gangguan Sistem Kardiovaskuler dan Hematologi. Jakarta : Penerbit Salemba Medika.

Nafi’ah, Z.R. (2015). Pengaruh pemberian murottal Al-Quran terhadap tekanan darah dan frekuensi denyut jantung pasien pasca operasi dengan anestesi umum di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Moewardi Surakarta. Skripsi tidak dipublikasikan.

Nursalam. (2010). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Pedoman Skripsi, Tesis, dan Instrumen Keperawatan. Jakarta : Penerbit Salemba Medika.

Profil Kesehatan Indonesia. (2015). Profil Kesehatan Indonesia. Indonesia : Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Potter, P & Perry, A.G. (2010). Fundamental keperawatan, konsep, klinis dan praktek. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Qulsum, A. (2011). Perbedaan tingkat kecemasan pada pasien pre operasi sebelum dan sesudah pemberian Terapi Musik Klasik di RSUD Tugurejo Semarang. Skripsi tidak dipublikasikan.

Rothrock, J.C. (2012). Perencanaan Asuhan Keperawatan Perioperatif. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Sudoyo, A.W. (2010). Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. Jakarta : FKUI.

Suherly. (2011). Perbedaan tekanan darah pada pasien hipertensi sebelum dan sesudah pemberian terapi musik klasik di RSUD Tugurejo Semarang. Skripsi tidak dipublikasikan.

Udjianti, W.J. (2010). Keperawatan Kardiovaskuler. Jakarta : Penerbit Salemba Medika.

WHO. (2015). World Health Organization.




DOI: http://dx.doi.org/10.34310/jskp.v4i1.90

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Smart Keperawatan diterbitkan oleh STIKes Karya Husada Semarang ISSN 2301-6221, E-ISSN 2502-5236