VIDEO EDUKASI ATRAKTIF DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN CUCI TANGAN

Fika Aulia, Mirawati Mirawati, Bening Prawita Sari

Abstract


Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) merupakan upaya untuk membentuk perilaku masyarakat yang peduli dengan kesehatan. Salah satu upaya PHBS adalah Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). Praktik mencuci tangan dengan sabun perlu diterapkan sejak usia dini sebagai upaya mencegah penularan penyakit berbasis lingkungan. Salah satu kelompok yang cocok  keberhasilan penyampaian pesan CTPS adalah anak sekolah misalnya dengan memberikan edukasi melalui video edukasi atraktif. Penelitian ini menggunakan desain Quasy Experiment dengan menggunakan model rancangan one group pretest-posttest. Alat pengumpulan data menggunakan Checklist Keterampilan Cuci Tangan. Diperoleh hasil sebagian besar responden berketerampilan kurang dalam mencuci tangan sebanyak 26 anak (74,3%) sedangkan sesudah diberi perlakuan sebagian besar dari responden yaitu 29 anak (82,9%) berketerampilan baik dalam mencuci tangan. Nilai uji beda Wilcoxon Signed Rank Test didapatkan p value (0,000) dimana nilai p value <0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penyuluhan cuci tangan menggunakan media video atraktif terhadap keterampilan cuci tangan pada siswa Madrasah Diniyah Awaliyah Belawang.

 

Kata kunci: video atraktif; cuci tangan; keterampilan

 

 

ATTRACTIVE EDUCATIONAL VIDEOS IN IMPROVING HANDWASHING SKILLS

 

ABSTRACT

 

Clean and Healthy Behaviour is an effort to shape the behaviour of people who care about health. One of its efforts is Hand Washing with Soap. The practice of washing hands with soap needs to be applied from an early age as an effort to prevent the transmission of environmental-based diseases. One group that fits the success of delivering Hand Washing with Soap messages is school children, for example by providing education through attractive educational videos. This study used a Quasy Experiment design using a one group pretest-posttest design model. The data collection tool used the Hand Washing Skills Checklist. The results showed that most of the respondents had poor skills in washing their hands as many as 26 children (74.3%) while after being treated, most of the respondents, namely 29 children (82.9%) had good hand washing skills. The value of the different Wilcoxon Signed Rank Test obtained p value (0.000) where the p value <0.05 so it can be concluded that there is an effect of hand washing counselling using attractive video media on hand washing skills in Madrasah Diniyah Awaliyah Belawang students. Keywords: attractive video; washing hands; Skills

Full Text:

PDF

References


Daryanto.(2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat. (2016). Gerakan PHBS Sebagai Langkah Awal Menuju Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, https://promkes.kemkes.go.id/phbs

Fatmawati. (2017). Perbedaan Gaya Belajar Berdasarkan Jenis Kelamin Pada Siswa Mts Madani Pao-Pao. Makasar: Skripsi Uin Alauddin Makassar

Febriani, C. (2017). Pengaruh Media Video terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, (Online), 5 (1): 11-21, http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/

Irfan., Mashudi, Murtiningsih.(2016). Perbedaan Media Audio Visual dan bukan Audio Visual terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV. Wahana Sekolah Dasar .

Karala, A. (2015). Gambaran Pelaksanaan Cuci tangan Pengunjung Bangsal Ar-Royan PKU Muhammadiyah Yogyakarta. UMY: Skripsi

Kemenkes RI. (2010). Pedoman Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia

Pratiwi, l. (2015). Penggunaan media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Aktifitas Siswa di Sekolah Dasar. (PGSD FKIP Universitas Islam Sultan Agung)

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D.Bandung: Alfabet

Suryansyah, T. & Suwarjo. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas IV SD. Jurnal Prima Edukasia, (Online), 4 (2): 209-221, http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/article/view/8393




DOI: http://dx.doi.org/10.34310/sjkb.v8i1.503

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Karya Husada
Jl. Kompol R.Soekanto No.46, Central java, Semarang
phone. +6224-6724581
Fax. +6224-6724581
Email: jsmart.keb@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Smart Kebidanan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.