EFEKTIFITAS MEDIA LEAFLET DAN POWER POINT PADA PENGETAHUAN REMAJA PUTRI TENTANG MENSTRUAL PERSONAL HYGIENE

Sri Wahyuni, Fachry Amal, Ulfatunnisa Ulfatunnisa

Abstract


THE EFFECTIVENESS OF MEDIA LEAFLETS AND POWER POINTS ON FEMALE TEENAGERS’ KNOWLEDGE ABOUT MENSTRUAL PERSONAL HYGIENE

 

 

Sri Wahyuni1, Fachry Amal2, Ulfatunnisa3

Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Jayapura, Indonesia

Correspondence Email: sriwahyunijayus@gmail.com

 

ABSTRAK

Permasalahan tentang menstruasi merupakan salah satu tantangan menggapai kesehatan reproduksi yang sehat bagi remaja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pengetahuan remaja putri sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan dengan menggunakan leaflet dan power point.Jenis penelitian ini adalah quasy eksperimen dengan melakukan pre test dan post test sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan yang dilaksanakan pada Maret-April 2021 di kampung Putali wilayah kerja Puskesmas Ebungfauw. Sampel sejumlah 40 remaja putri. Intrument yang digunakan adalah media leaflet dan media power point dan kuesioner yang telah diuji validitas dan relibilitas. Analis data menggunakan uji Paired T- test dan uji Independen  t-tes.  Rerata pretest pengetahuan kelompok leaflet 53,00 dan posttest 61,25. Rerata pretest pengetahuan kelompok power point 59,75 dan posttest 78,75. Uji paired t-test pengetahuan kelompok leaflet yaitu p-value

0,000 dan pada kelempok power point yaitu p-value 0,000. Uji Efektifitas kelompok leaflet dan kelompok power point adalah

0,008 dengan perbedaan mean 10,00 kelompok leaflet dan mean 19,00 kelompok power point. Sehingga kelompok power point  lebih  efektif  dalam  meningkatkan  pengetahuan  remaja.  Media  power point  lebih  efektif  dalam  meningkatkan pengetahuan remaja putri tentang personal hygiene saat menstruasi.

 

Kata Kunci : pengetahuan; personal hygiene; menstruasi; power point; leaflet

 

 

ABSTRACT

Menstruation  is one of problems  in achieving  healthy  reproductive  female  teenagers.  The purpose  of this study  was to

determine the difference in knowledge of female teenagers before and after being given counseling using leaflets and power point media.This  research  was a quasi-experimental  study by conducting a pre-test before being given counseling and a post-test after being  given counseling,  carried  out in March-April  2021 in Putali  village,  the working area of  Ebungfauw Health Center. The sample of this research is 40 female teenagers. The instruments used are leaflet media and power point

media  and questionnaires  that  have been tested for validity  and reliability.  Data  analysi used Paired  T-test and Independent t-test. The mean of the pretest knowledge of the leaflet group was 53.00 and the posttest was 61.25. The mean of  the pretest knowledge  of  the power point  group was 59.75 and the posttest  was 78.75. The paired  t-test  for the knowledge of the leaflet group is p-value 0.000 and for the power point group, the p-value  is 0.000. The effectiveness test for the leaflet group and the power point group was 0.008 with a mean difference of 10.00 for the leaflet group and 19.00 for the power point group. So that the power  point group is more effective in increasing the knowledge of teenagers.  Power point media was more effective in increasing the knowledge of young women about personal hygiene during menstruation.

 

Keywords: knowledg; personal hygiene; menstruation; power point; leaflet


Full Text:

PDF

References


Ade S, E., Wahyuningsih, W., & Haryani, K. (2016).

Pendidikan Kesehatan dengan Media Slide Efektif dalam Meningkatkan Pengetahuan tentang Perawatan Vulva Hygiene pada Siswi Kelas VIII SMP 2 Sedayu Bantul. Jurnal Ners

Dan Kebidanan Indonesia, 4(1), 6. https://doi.org/10.21927/jnki.2016.4(1).6-10

BKKBN. (2019). Modul Pegangan bagi Fasilitator Kelompok Kegiatan Bina Keluarga Remaja (BKR), Membantu Remaja Merencanakan Masa Depannya (Direktorat Advokasi dan

KIE, Ed.). BKKBN.

BPS Indonesia. (2020). Statistik Indonesia 2020. https://doi.org/1101001

Ekayanti, I., Briawan, D., & Destiara, I. (2014).

Perbedaan Penggunaan Media Pendidikan

Terhadap Perubahan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Dalam Sarapan Anak Sekolah Dasar Di Kabupaten Bogor. Jurnal Gizi Dan Pangan, 8(2), 109. https://doi.org/10.25182/jgp.2013.8.2.109-114

Farida, B., Susanti, D., & Hidayah, R. (2019).

Perbedaan Efektivitas Promosi Kesehatan dengan Media Leaflet dan Silde Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Ibu Tentang Imunisasi Measles Rubella di Posyandu

Bahari IV dan V Lubuk Buaya Kota Padang

Tahun 2019. Jurnal Kesehatan Mercusuar,

(1), 1–5.

Hartati, I., Junaidi, & Atriani, L. (2020). Pengaruh pendidikan kesehatan menggunakan media audio visual terhadap pengetahuan dan sikap

remaja tentang personal hygiene saat menstruasi di MTs Swasta Terpadu Kota Langsa Tahun 2019. Urnal Pendidikan Dan Praktik Kesehatan (JP2K), 3(1), 41–53.

Kemenkes RI. (2014). InfoDATIN: Situasi

kesehatan reproduksi remaja. Jakarta

Selatan: Pusat Data dan Informasi RI. Kemenkes RI. (2017). Manajemen Kebersihan

Menstruasi Perlu Dipahami.

Notoatmodjo, S. (2014). Promosi Kesehatan dan

Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineke Cipta. Nurmala, Ira; Rahman, Fauzie; Nugroho, adi;

Erlyani, Neka; Laily, Nur; Yulia Anhar, V.

(2018). 9 786024 730406. Surabaya: UniversityPress Universitas Airlangga.

Riwidikdo, H. (2013). Statistik Kesehatan dengan

Aplikasi Program R dan SPSS. Yogyakarta: Rohima Press.

Susilowati, D. (2016). Promosi Kesehatan. Jakarta Selatan: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

WHO. (2014). Adolescent health in the Western

Pacific.

WHO. (2020). The changing world of adolescent sexual and reproductive health and rights.

Widiyaningsih, D., & Suharyanti, D. (2020). Promosi dan Advokasi Kesehatan. Yogyakarta:

Deepublish




DOI: http://dx.doi.org/10.34310/sjkb.v8i2.508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Karya Husada
Jl. Kompol R.Soekanto No.46, Central java, Semarang
phone. +6224-6724581
Fax. +6224-6724581
Email: jsmart.keb@gmail.com

Creative Commons License
Jurnal Smart Kebidanan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.