HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA SESUAI DENGAN POLA ASUH ORANG TUA REMAJA PUTRI AKADEMI ANGKATAN LAUT SURABAYA / THE RELATIONSHIP OF ADOLESCENT EMOTIONAL INTELLIGENCE IN ACCORDANCE WITH THE PARENTING PATTERNS OF PARENTS OF ADOLESCENT WOMEN NAVY ACADEMY SURABAYA
Abstract
Kecerdasan emosional merupakan kemampuan seseorang untuk mengenali, mengelola emosi, memotivasi diri, mengenali
emosi orang lain, dan kemampuan untuk membina hubungan dengan orang lain. Berdasarkan kajian pustaka dan penelitian
terdahulu, kecerdasan emosi menjadi krisis yang melanda dunia pendidikan akhir-akhir ini. Peran orang tua menjadi salah satu
faktor luar yang memengaruhi kecerdasan emosi remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan
emosional remaja sesuai dengan pola asuh orang tua remaja putri Akademi Angkatan Laut Surabaya. Metode penelitian ini
adalah analitik observasional dengan rancang bangun cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 30 remaja putri Akademi
Angkatan Laut Surabaya dan 30 orang tua remaja putri tersebut dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Variabel
bebas adalah pola asuh orang tua remaja putri Akademi Angkatan Laut Surabaya. Variabel terikat adalah kecerdasan emosional
remaja putri Akademi Angkatan Laut Surabaya. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data menggunakan Chi
Square test. Hasil penelitian menunjukkan 83,3% remaja putri Akademi Angkatan Laut Surabaya memiliki kecerdasan emosional
tinggi, dengan jenis pola asuh orang tua terbanyak yang diterapkan adalah demokratis sebanyak 73,33%. Hasil uji Chi square p
= 0,418 (p > 0,05). Data tersebut menunjukkan tidak ada hubungan kecerdaasan emosional remaja sesuai dengan pola asuh
orang tua remaja putri Akademi Angkatan Laut Surabaya.
Kata Kunci: kecerdasan emosional; remaja putri; pola asuh orang tua
ABSTRACT
Emotional intelligence is a persons’ ability to recognize, manage emotions, motivate own self; recognize emotions of others, and
the ability to build relationships with others. Based on literature review and previous research, emotional intelligence has become
a crisis that has hit the world of education lately. The role of parents is one of the external factors that affect adolescent
emotional intelligence. This study was aimed to determine the relationships in adolescent emotional intelligence according to the
parenting style of the female adolescent’s parents at the Surabaya Naval Academy. This research method was observational
analytic with cross sectional design. The numbers of samples are 30 female adolescents of Surabaya Naval Academy and 30
parents of them with total sampling technique of sampling. The independent variable is the parenting styles of female
adolescence’s parent at Surabaya Naval Academy. The dependent variable was the emotional intelligence of women
adolescence of Surabaya Naval Academy. The instrument used was questionnaires. Data analysis used Chi square test. The
results showed that 83,3% of female adolescence at Surabaya Naval Academy had high emotional intelligence, with the type of
parenting that most applied was democratic as much 73,33%. Chi square test results p = 0.418 (p > 0.05). The data shows that
there is no relationship in the emotional intelligence of adolescents according to the parenting styles of women adolescence’s
parent at Surabaya Naval Academy.
Keywords: emotional intelligence; women adolescent; parenting style
Full Text:
PDFReferences
Adawiyah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan
Implikasinya Terhadap Anak. Jurnal Pendidikan
Kewarganegaraan,
:
(1).
Kecerdasan emosional mengapa EI lebih
penting daripada IQ. Jakarta: PT Gramedia
Pustaka Utama
Liputan6. (2002). Persidangan Kasus Penganiayaan
Taruna
https://media.neliti.com/media/publications/1212
-ID-pola-asuh-orang-tua-dan-implikasinyater.pdf
(diakses pada 02 November 2020)
Ali, M., & Mohammad A. (2005). Psikologi Remaja:
Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi
Aksara
Baharuddin., & Esa, N. W. (2007). Teori Belajar dan
Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
Barriyah, K., & Latifah, L. (2019). Kecerdasan Emosi
Siswa Ditinjau Dari Jenis Kelamin dan Jenjang
Kelas. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 4(2).
Chotimah, Khusnul. (2012). Hubungan Pola Asuh
Orang Tua dengan Kecerdasan Emosi pada
Remaja. Thesis Universitas Muhammadiyah
Surakarta
Direktori Putusan Pengadilan Militer III-12 Surabaya.
(2019). Direktori Putusan Dilmil III-12 Surabaya
-K / PM.III-12 / AL / IV/ 2019.
http://putusan.dilmil-surabaya.go.id/putusanterbaru.html?sobi2Task=sobi2Details&catid=21
&sobi2Id=1514
diakses pada 02 Oktober 2021
AAL
Dilanjutkan.
https://www.liputan6.com/news/read/39648/persi
dangan-kasus-penganiayaan-taruna-aaldilanjutkan
diakses pada 01 Oktober 2021
Wong, D, dkk. (2009). Buku Ajar Keperawatan
Pediatrik, Vol.1. Jakarta: EGC.
Zonya, O.L., & Sano, A. (2019). Differences in The
Emotional Regulation of Male and Females
Students. Jurnal Neo Konseling, I(3), 1-5.
https://doi.org/10/24036/00128kons2019
DOI: http://dx.doi.org/10.34310/sjkb.v8i2.511
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Karya Husada
Jl. Kompol R.Soekanto No.46, Central java, Semarang
phone. +6224-6724581
Fax. +6224-6724581
Email: jsmart.keb@gmail.com
Jurnal Smart Kebidanan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.