HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG TUMBUH KEMBANG ANAK DAN KETERLIBATAN IBU DALAM MENGASUH DENGAN KEMANDIRIAN ANAK USIA PRA SEKOLAH

Sri Puji Lestari, Fery Agusman Motuho Mendrofa, Yenli Ardi

Abstract


Tumbuh kembang pada anak terlambat bila tidak mencapai tahap pertumbuhan dan perkembangan yang diharapkan pada umur yang semestinya. Pengetahuan orang tua terutama ibu tentang tumbuh kembang yang memadai memberikan efek terhadap rata-rata perubahan fisik, intelektual, social dan emosional anak dari tumbuh kembang yang normal. Committed in Improving the Health of Indonesia Children yang dirilis Pediatric of Society oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia diperkirakan 5-10% anak usia dibawah 5 tahun mengalami keterlambatan umum. Data PAUD Hj. Siti Anisah menunjukkan 3  (60% ) ibu memiliki pengetahuan tentang tumbuh kembang cukup baik, keterlibatan ibu 100% mengasuh sendiri anaknya, kemandirian anak terdapat 3 (60%) anak mandiri. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu tentang tumbuh kembang anak dan keterlibatan ibu dalam mengasuh terhadap kemandirian anak usia prasekolah. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan desain cross sectional, sampel 36 ibu dan anak usia prasekolah di PAUD Hj. Siti Anisah. Hasil uji Chi square pengetahuan ibu dengan kemandirian anak adalah p value  0,000 dan keterlibatan ibu dalam mengasuh terhadap kemandirian anak adalah p value   0,000. Adanya pengetahuan ibu dan keterlibatan ibu dalam mengasuh anak mampu memandirikan anak. Orangtua perlu menambah pengetahuan tentang tumbuh kembang anak dan terlibat secara optimal dalam pola asuh anak.

 

Kata kunci: pengetahuan; tumbuh kembang; kemandirian, anak pra sekolah; keterlibatan ibu

 

RELATIONSHIP OF MOTHER'S KNOWLEDGE REGARDING CHILD GROWTH AND MOTHER'S INVOLVEMENT IN PARENTING WITH CHILDREN'S INDEPENDENCE OF

PRE-SCHOOL AGE

 

ABSTRACT

Growth and development in children is delayed if they do not reach the expected growth and development stages at the age they should be. Parents' knowledge, especially dealing with adequate growth and development, has an effect on the average physical, intellectual, social and emotional changes of children from normal growth and development. Committed to Improving the Health of Indonesian Children released by the Pediatric Society by the Indonesian Pediatrician Association, it is estimated that 5-10% of children under 5 years of age experience general delays. At Hj. Siti Anisah Pre-school, it was showed that 3 (60%) mothers had quite good knowledge about growth and development, 100% involvement of mothers in caring for their children, and 3 (60%) children were independent. The purpose of the study was to determine the relationship between knowledge about child growth and mother's involvement in caring for the independence of pre-school age children. This type of research was quantitative with a cross sectional design, the sample were 36 mothers and pre-school children at Hj. Siti Anisah Pre-school. The results of the Chi square test of mother's knowledge of child independence has p value 0.000 and mother's involvement in caring for children's independence has p value 0.000. The existence of knowledge and involvement of mothers in raising children is able to make children independent. Parents need to increase their knowledge about their child's growth and development and be involved optimally in parenting.

 

Keywords: knowledge; growth and development; independence; pre-school children; mother involvement


Full Text:

PDF

References


Affrida, E. N. (2017). Strategi Ibu dengan Peran Ganda dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2).

Eka Wulida Latifah, D. K. (2016, Januari). Pengaruh Pengasuhan Ibu dan Nenek Terhadap Perkembangan Kemandirian dan kognitif Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen, IX.

Gerungan, N. (2019). Hubungan Pengetahuan Orang Tua Tentang Stimulasi Dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Pra Sekolah. Klabat Journal Of Nursing (KJN), 1.

Mery Kharisma, N. E. (2017, Maret). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Tumbuh Kembang Dengan Perkembangan Anak Usia 3-4 tahun di Kelompok Bermain Golden Kids di Kecamatan Telanai Pura Kota Jambi. Jurnal Akademi Baiturrahim, VI.

Novia Sinta Rochwidowati, R. W. (2016, februari). Peningkatan Kemandirian Anak Usia Prasekolah dengan Pemberian Pengukuh Positif.

Prameswari, S. (2019, Oktober ). Hubungan keterlibatan ibu dan self-compassion pada orang tua anak berkebutuhan khusus. jurnal penelitian dan pengukuran psikologi, 8.

Rizki Septiani, S. W. (2016, November). Tingkat Perkembangan Anak Pra Sekolah Usia 3-5 Tahun Yang Mengikuti Dan Tidak Mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Keperawatan, IV.

Robbiyah, D. E. (2018). Pengaruh Pola Asuh Ibu terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini di TK Kenanga Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, II.

Rully Mujiastuti, A. A. (2018, Oktober). Sistem Pakar Untuk Tumbuh Kembang Anak Menggunakan Metode Forward Chaining. jurnal.umj.

Sa'diyah, R. (2017, April). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, XVI.

Siswanto, H. (2010). Pendidikan Kesehatan Anak Usia Dini. Yogyakarta.

Stephanie Yuanita Indrasari, L. A. (2018). Jurnal Psikologi Sosial. Peran Persepsi Keterlibatan Orang Tua dan Strategi Pengasuhan Terhadap Parenting Self-Efficacy, XVI.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Yusuf, R. N. (2016). Analisis Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Tumbuh dan Kembang Pada Anak Balita Usia 3-5. Jurnal Medika Saintika , VIII.




DOI: http://dx.doi.org/10.34310/jskp.v8i1.479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Smart Keperawatan diterbitkan oleh STIKes Karya Husada Semarang ISSN 2301-6221, E-ISSN 2502-5236