PERANCANGAN MEDIA ANIMASI 2 DIMENSI UNTUK PROMOSI KESEHATAN LAYANAN PROVIDER INITIATED TESTING AND COUNSELING (PITC)
Abstract
Minimnya informasi layanan Provider Initiated Testing and Counseling (PITC) bagi ibu hamil, menyebabkan kasus HIV/AIDS cenderung meningkat setiap tahun. Media promosi kesehatan layanan PITC bagi ibu hamil diperlukan dengan tujuan untuk mempermudah penyampaian informasi dan pemahaman ibu hamil. Janis media yang lebih mudah dipahami berbentuk audiovisual yaitu animasi. Media animasi 2 dimensi perlu dirancang sebagai media promosi kesehatan yang dapat meningkatkan pengetahuan ibu hamil tentang layanan PITC. Merancang media animasi 2 dimensi untuk promosi kesehatan layanan PITC. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Metode pengembangan multimedia terdiri dari tahap pra produksi, produksi dan pasca produksi. Tahap pra produksi meliputi pembuatan ide, naskah, storyboard, dan disain karakter. Tahap produksi meliputi pembuatan Key Animasi, In Between, Background, Dubbing, dan Music. Tahap pasca produksi meliputi kegiatan compositing, editing, dan rendering. Hasil penelitian didapatkan fakta bahwa kelayakan media berdasarkan penilaian dari ahli materi dengan persentase yaitu 77,5% dengan kategori layak, ahli media dengan persentase yaitu 96,4% dengan kategori sangat layak dan uji kelayakan pengguna dengan persentase yaitu 86,3 % dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa animasi 2 dimensi promosi kesehatan layanan PITC dapat dijadikan sebagai media promosi bagi masyarakat luas.
Kata Kunci: animasi; 2 dimensi; promosi; Provider Initiated Testing and Counseling
ABSTRACT
The lack of information about Provider Initiated Testing and Counseling (PITC) services for pregnant women leads to an increase in HIV/AIDS cases every year. Health promotion media regarding PITC services for pregnant women is required with the aim of facilitating the delivery of information and increasing the understanding of pregnant women. Audiovisual media is found to be better in information delivery, for example in the form of animation. 2-dimensional animation media needs to be designed as a health promotion media in order to increase the knowledge of pregnant women about PITC services. This study was to design 2-dimensional animation media for health promotion of PITC services. The approach implemented in this research was quantitative with descriptive type. Multimedia development methods consisted of pre-production, production and post-production stages. The pre-production stage involved the creation of ideas, scripts, storyboards, and character designs. The production stage involved the making of Key Animation, In Between, Background, Dubbing, and Music. The post-production stage involved compositing, editing, and rendering activities. It was obtained the fact that the feasibility of the media based on the assessment of material experts was 77,5 % which was involved in feasible category. Furthermore, based on media experts it was 96,4% which was involved in very feasible category. Based on the users, the feasibility was 86,3% which was involved in very feasible category. Based on the results of the study, it can be concluded that the 2-dimensional animation for health promotion of PITC services could be used as a promotional media in a wider community.
Keywords: animation; 2 dimensions; promotion; Provider Initiated Testing and Counseling
Full Text:
PDFReferences
Arsyad A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Caecilia T, Ellen P, Dionysius S. (2016). Pengaruh Promosi Kesehatan Tentang HIV/AIDS Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja. Jurnal Ilmiah Bidan Volume 4 Nomor 1. Januari – Juni 2016. https://media.neliti.com/media/publications/91557-ID-pengaruh-promosi-kesehatan-tentang-hivai.pdf
Dinkes DIY. (2020). Profil Kesehatan DIY Tahun 2019. https:// dinkes.jogjaprov.go.id/download/ download/82
Emy L Nizwardi J. (2018). Peran Media Sosial dalam Upaya Promosi Kesehatan: Tinjauan LiteraturJurnal Inovasi Vokasional dan TeknologiVolume 18 Number 2, 2018
Fitriani S. (2011). Promosi Kesehatan. Yogyakarta: Garaha Ilmu.
Kemenkes RI. (2020). Rencana Aksi Nasional Pencegahan Penularan HIV dari Ibu ke Anak (PPIA) di Indonesia 2015 2019. Kementerian Kesehatan RI. h4ps://siha.kemkes.go.id/portal/ files_upload/ RAN_HIV_Health_Sector_Action_Pla n_2015_2019_FINAL_070615_.pdf
Kemenkes RI. 2019. Profil Kesehatan Indonesia 2019. eds. Boga Hardhana, Farida Sibuea, and Winne Widiantini. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Mangku. 2007. Kesehatan: Mana Lebih Dulu
Diobati, HIV atau TB? Diakses di http://
w w w. s u a r a k a r y a - o n l i n e . c o m /
news.html?category_name=Sehat pada
tanggal 29 Oktober 2007
Maydianasari, L., & Ratnaningsih, E. (2021). Analisis Kebutuhan Media Promosi Kesehatan Layanan Provider Initiated Testing and Counseling (PITC) bagi Ibu Hamil. Jurnal Kesehatan Vokasional, 6(1), 1-10. /*doi:http://dx.doi.org/10.22146/jkesvo.61700*/doi:https://doi.org/10.22146/jkesvo.61700
Purnama, B. E. (2013). Konsep Dasar Multimedia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Pudjiati, S. R. (2016). Peran Tenaga Kesehatan dalam Meningkatkan Cakupan Tes HIV Dini. Kebijakanaidsindonesia.Net. https:// www.kebijakanaidsindonesia.net/id/artikel/artikel tematik/1454 peran tenaga kesehatan dalam meningkatkan cakupan tes hiv dini
Rokom Redaksi Sehat Negeriku. (2019). Hari HIV/AIDS Sedunia, Penanganan Diperkuat di Daerah. Sehat negeriku.Kemkes.go.id.https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis media/20191129/0532400/hari hivaids sedunia penanganan diperkuat daerah/#:~:text=Upaya pencegahan dan pengendalian HIV AIDS bertujuan untuk mewujudkan target,HIV%2FAIDS (ODHA)
Slameto.(2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. PT. Rineka Cipta: Jakarta
Yusa, I. M. M., & Saputra, I. P. S. (2016). Pemanfaatan Animasi 2 Dimensi Model Infografik dalam Perancangan Video Iklan Layanan Masyarakat Tentang Pengolahan Sampah Rumah Tangga di Denpasar. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (Janapati), 5(1), 1-10.
Yusa, I.M.M. (2017). Illustrating Zodiac. An1mage
DOI: http://dx.doi.org/10.34310/sjkb.v9i1.532
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Karya Husada
Jl. Kompol R.Soekanto No.46, Central java, Semarang
phone. +6224-6724581
Fax. +6224-6724581
Email: jsmart.keb@gmail.com
Jurnal Smart Kebidanan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.