PENGARUH SIMULASI FIRST AID KIT TERHADAP PENINGKATAN SKILL PENANGANAN CIDERA PADA SISWA SMK 3 BLITAR
Abstract
Cedera adalah penyebab umum kematian dan kecacatan pada anak terutama usia<18 tahun.Tempat tersering terjadinya cedera salah satunya adalah disekolah. Berbagai aktivitas disekolah memungkinkan terjadinya cedera, karena itu diperlukan upaya untuk penanganan cedera di sekolah.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh simulasi first aid kits terhadap peningkatan skill penanganan ciderapada Siswa SMK 3 Blitar. Desain penelitian adalah quasy- experimental dengan metode one group pretest-posttest design. Sampel yang digunakan berjumlah 42 orang dengan teknik proportionate stratified random sampling. Instrumen untuk mengukur keterampilan menggunakan lembar observasi dan dianalisa menggunakanpaired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata keterampilan sebelum intervensi adalah 53,64 dan setelah intervensi dengan nilai 71,83. Nilai signifikansi sebesar 0.000 yang menyatakan ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode simulasi untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam penggunaan first aid kits.Adanya peningkatan keterampilan ini karena peserta didik melakukan tindakan atau keterampilan yang dikondisikan mirip dengan keadaan yang sebenarnya sehingga kemampuan dalam mengingat materi atau keterampilan yang diberikan mencapai 90%. Petugas kesehatan sebagai pemberi pendidikan kesehatan dapat menggunakan metode simulasi sebagai upaya meningkatkan keterampilan untuk pencegahan masalah kesehatan.
Kata kunci: simulasi; first aid kit; skill
THE EFFECT OF FIRST AID KIT SIMULATION ON INCREASING SKILL OF ITS USAGE FOR INJURY TREATMENT ON STUDENTS OF VOCATIONAL HIGH SCHOOL 3 OF BLITAR
ABSTRACT
Injury is a common cause of death and disability in children, especially those aged <18 years. One of the most common places for injuries is school. Various activities at school allow the injury to occur; therefore efforts are needed to deal with injuries at school. The purpose of this study was to determine the effect of simulation first aid kits on the improvement of the skill of students of Vocational High School 3 of Blitar in injury treatment. The research design used was quasi-experimental with the one-group pretest-posttest design method. The sample used was 42 people who were taken with the Proportionate Stratified Random Sampling technique. The instruments for measuring skills used observational sheets. For data analysis used Paired sample t-test. The results showed the average score of skills before the intervention was 53.64, after intervention with the simulation method the value was 71.83. Based on the Paired sample t-test, it is obtained a significance value of 0.000 stated that there is an effect of Health Education with a simulation method to improve students' skills in using first aid kits. There is an increase in holding injury treatment because students take actions based on the actual situation so that the ability to remember the material or skills provided reaches 90%. Thus, health workers as health education providers can use the simulation method as an effort to improve skills for the prevention of health problems.
Keyword: simulation; first aid kit; skill
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, A; Prasetya, J.T. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia
Allen, et al. (2015). "Prehospital care and transportation of pediatric trauma patients." Journal of Surgical Research: 1-7.
Alterman et al. (2013).Consideration in Pediatric Trauma.
http: //emedicine.medscape.com/article/435031-overview
American Academy of Pediatric. (2012). American Academy Of Pediatrics And Pediatric Orthopaedic Society Of North America. Pediatrics 2008;121;849DOI: 10.1542/peds.2008-0094
http://pediatrics.aappublications.org/content/121/4/849.full.html
Anam, K.A. (2016). Perbedaan Pengaruh model Pembelajaran First Aid Training metode Direct Instruction dan Model Life Saving Student Simulation terhadap Kemampuan Guru TK dalam Penanganan Cedera Anak di Sekolah TK di Kota Blitar. Poltekkes Kemenkes Malang: Tidak dipublikasikan
Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan. (2001). Survey Kesehatan Nasional. Jakarta
Daryanto. (1997). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Dewi, dkk. (2008). Karakteristik Klinis Trauma Kepala pada Anak di RS Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta.Sari Pediatri, 2008; 9(5):354-8
Fisher (2015). "Paediatric trauma." Surgery For Major Incidents 33(9): 437-441.
Fuerst. (2017). First Aid Kits. Diakses tanggal 30 Maret 2018 dari https://www.emedicinehealth.com/first_aid_kits/article_em.htm#be_prepared_for_a_medical_emergency
Hammond, B. and P. Zimmermann (2013). Sheehy's Manual of Emergency Care. Missouri, Mosby Elsevier
Joseph, N; Narayanan, T; Zakaria, S.B; Nair, A.V. (2015). Awareness, attitides and Practices of first aid among school teachers in Mangalore South India. Journal of Primary Health Care, 7 (4): 274-281
Joseph, N; Kumar, G.S; Babu, Y.P.R; Nelliyannnnil, M; Bhasjaran, U. (2014). Knowledge of First Aid Skills among student of Medical Collage in Mangalore City of South India. Ann Med Health Sci Res. 4(2): 162-166
Kristiansen, T; Lossius, H.M; Rehn, M; Kristensen, P; Gravseth, H.M; Roislien, J; Soreide, K. (2014). Epidemiology of trauma: A population-based study of geographical risk factors for injury deaths in the working-age population of Norway. Injury, International Journal Care Injured, 45: 23-30
Lojpur, M. First aid to the injured. Diakses tanggal 24 Mei 2018 di http://neuron.mefst.hr/docs/katedre/klinicke_vjestine/Dr%20Lojpurr%20FIRST%20AID%20TO%20THE%20INJURED.pdf
Nasir dkk. (2011). Buku Ajar Metodologi Penelitian Kesehatan: Konsep Pembuatan Karya Tulis dan Thesis untuk Mahasiswa Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika
Nursalam & Efendi. (2009). Pendidikan dalam keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Sudjana, N. (2008). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa
Riset Kesehatan Dasar. (2007). Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI
Yuliarto, H. (2011). Memahami tes, pengukuran dan penilaian untuk pengembangan instrumen ranah psikomotor.
DOI: http://dx.doi.org/10.34310/jskp.v8i1.472
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Smart Keperawatan diterbitkan oleh STIKes Karya Husada Semarang ISSN 2301-6221, E-ISSN 2502-5236